Berbicara tentang fashion tentu tidak akan ada habisnya. Perkembangan trend fashion yang sangat cepat terutama fashion wanita, membuat bisnis dalam bidang ini menjadi salah satu bisnis yang sangat menggiurkan.

Jika Anda tertarik untuk berbisnis dalam dunia fashion, maka Anda bisa mencoba membuka butik sebagai bisnis Anda. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membuka bisnis butik, maka Anda perlu mengetahui rincian untuk memulai bisnis butik tersebut. Dalam artikel ini akan dibahas tentang rincian bisnis butik dan juga tips untuk memulai bisnis tersebut.

Peluang Bisnis Butik

Dalam bisnis butik, ada berbagai macam jenisnya. Anda bisa memilih satu jenis butik yang akan menjadi ide bisnis Anda. Berikut ini beberapa jenis bisnis butik yang bisa Anda pilih sebagai ide bisnis.

1.   Butik Online

Perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka sebuah bisnis butik. Anda bisa membuka bisnis butik online. Dengan butik online, maka Anda tidak perlu menyewa tempat yang dijadikan sebagai butik. Pemasaran produk serta penjualan dilakukan secara online.

2.  Butik Rumahan

Usaha butik rumahan dianggap sebagai ide bisnis konvensional,namun masih banyak yang menggunakannya. Anda tidak perlu menyewa tempat untuk bisnis ini, cukup sediakan space khusus untuk memajang produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasang banner dan melakukan promosi melalui media sosial dan internet.

3.  Butik Muslimah

Semakin banyaknya muslimah yang berhijab saat ini bisa Anda jadikan sebagai sebuah peluang bisnis. Anda bisa menciptakan bisnis butik muslimah yang khusus menjual pakaian muslimah.

Anda perlu untuk selalu update trend fashion muslimah yang sedang berkembang saat ini. Lakukan promosi melalui internet dan media sosial, agar produk yang Anda miliki semakin dikenal masyarakat.

4. Butik Batik

Bisnis butik batik bisa Anda jadikan sebagai salah satu ide bisnis. Hal ini dikarenakan peminat batik sangat banyak dan Anda juga tidak akan kesulitan mencari produk batik yang bagus dan berkualitas. Indonesia terkenal dengan berbagai macam motif batik yang menarik yang bisa Anda jual di butik Anda.

Tips Memulai Bisnis Butik

Memulai bisnis butik bisa dilakukan oleh siapapun termasuk pemula dalam bidang bisnis. Yang terpenting dalam memulai bisnis butik adalah mengetahui kiat khusus untuk memulainya. Berikut ini tips memulai bisnis butik yang perlu Anda ketahui.

1.  Tentukan Jenis Butik

Langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis butik adalah menentukan jenis butik yang akan Anda jalankan. Anda bisa memilih salah satu jenis butik di atas atau jenis butik lainnya. Selain itu, Anda dapat menentukan menjadi penjual grosiran atau eceran. Hal ini bergantung pada modal yang Anda miliki untuk membangun sebuah bisnis butik.

2. Pemilihan Lokasi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih lokasi yang akan dijadikan butik. Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, maka Anda bisa memilih lokasi yang strategis di pusat perbelanjaan, di tempat yang ramai, atau di pinggir jalan.

Namun jika modal yang dimiliki tidak mencukupi maka Anda bisa menyediakan sedikit space di rumah Anda untuk dijadikan butik. Pasang banner atau papan reklame agar orang lain mengetahui keberadaan butik Anda.

3. Mode Pakaian

Tips selanjutnya untuk memulai bisnis butik adalah tentukan mode pakaian yang akan Anda jual. Misalnya saja mode pakaian tahun 90-an, mode pakaian orang Jepang dan yang lainnya.

Jika Anda ingin menciptakan mode pakaian sendiri tentu sah-sah saja. Namun, pastikan mode pakaian yang Anda ciptakan tersebut nyaman serta masuk akal untuk dikenakan.

4.  Punya Ciri Khas

Tips selanjutnya agar bisnis butik Anda berjalan lancar, Anda perlu memiliki ciri khas dari produk yang Anda jual. Terlebih jika Anda memiliki kemampuan untuk mendesain sendiri, maka akan sangat menguntungkan bagi Anda. Jika produk Anda memiliki ciri khas sendiri, maka orang lain akan langsung mengetahui bahwa desain tersebut identik dengan brand yang Anda miliki.

5. Versi Online

Selain tersedia secara offline, Anda juga perlu menyediakan versi online dari butik Anda. Anda bisa memanfaatkan marketplace maupun media sosial sebagai butik online Anda. Minat masyarakat yang tinggi untuk berbelanja online bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan.

6.  Gunakan Media Sosial

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi. Anda dapat membuat iklan berbayar di media sosial agar butik serta produk yang Anda miliki semakin dikenal masyarakat.

Rincian Modal Bisnis Butik

Peluang bisnis butik terlihat begitu menggiurkan. Dan jika Anda berencana untuk memulai bisnis butik, maka Anda dapat membuat rincian modal bisnis butik tersebut terlebih dahulu. Berikut ini contoh rincian modal bisnis butik.

1. Modal Usaha

Modal usaha ini hanya dibutuhkan saat awal bisnis butik akan dijalankan. Berikut ini rincian modal usaha bisnis butik.

  • Renovasi tempat usaha: Rp 10.000.000
  • Beli rak dan display butik: Rp 3.000.000
  • Beli produk untuk butik: Rp 15.000.000

Total modal usaha yang Anda butuhkan adalah Rp 28.000.000.

2. Biaya Operasional

Selain modal usaha, Anda juga perlu mengetahui biaya operasional butik. Biaya operasional ini harus Anda keluarkan minimal satu bulan sekali. Berikut ini rincian biaya operasional bisnis butik.

  • Gaji pegawai  untuk 2 orang (@Rp 900.000): Rp 1.800.000
  • Beli produk butik bulanan: Rp 3.000.000
  • Beli kantong plastik dan lain-lain: Rp 250.000
  • Listrik: Rp 300.000

Jadi, total biaya operasional yang harus Anda keluarkan setiap bulannya adalah Rp 5.350.000.

3.  Omzet  Bisnis Butik

Selain menghitung modal bisnis butik, maka Anda juga perlu melakukan perhitungan omset yang akan Anda dapatkan selama sebulan. Jika diasumsikan butik Anda mampu menjual produk senilai Rp 500.000 dalam sehari pada weekdays dan Rp 900.000 pada weekend, maka perhitungan omzet butik Anda adalah sebagai berikut.

  • Hari Senin – Jumat             : Rp 500.000 x 22 hari = Rp 11.000.000
  • Hari Sabtu – Minggu           : Rp 900.000 x 8 hari = Rp 7.200.000

Sehingga total omset butik Anda adalah Rp 18.200.000/bulan.

4. Laba Bersih

Omzet yang Anda dapatkan dalam satu bulan tersebut bukan merupakan laba bersih. Untuk mengetahui laba bersih bisnis butik Anda dalam satu bulan, maka dapat menggunakan perhitungan sebagai berikut.

  • Omzet dikurangi dengan biaya operasional : Rp 18.200.000 – Rp 5.350.000 = Rp 12.850.000

Bisnis butik merupakan salah satu bisnis yang bisa Anda coba jalankan. Hal ini karena banyaknya peminat dalam dunia fashion yang bisa menjadi target pasar Anda. Namun, sebelum terjun ke dalam bisnis butik, pastikan Anda melakukan perhitungan rincian modal serta omset yang akan Anda dapatkan.

 

Share: