Usaha laundry merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki profit yang tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya usaha laundry kiloan yang hampir di setiap wilayah ada. Laundry kiloan menjadi solusi yang tepat bagi orang yang sibuk bekerja maupun bagi mahasiswa.

Jika Anda berencana untuk memulai suatu usaha, maka Anda bisa menjadikan usaha laundry kiloan sebagai ide usaha Anda. Namun, sebelum memulai usaha tersebut, Anda perlu mengetahui anggaran usaha laundry kiloan. Karena membuka usaha laundry bukan hanya membutuhkan mesin cuci saja, ada peralatan lain yang juga akan Anda butuhkan. Dalam artikel ini akan dibahas tentang anggaran usaha laundry kiloan yang perlu Anda perhatikan.

Keuntungan Usaha Laundry

Padatnya kegiatan orang dalam kehidupan sehari-hari membuatnya tak memiliki waktu dalam hal mencuci maupun menyetrika pakaian. Akhirnya, mereka lebih memilih menyerahkan urusan tersebut ke usaha laundry kiloan. Hal inilah yang mendasari banyak orang tertarik untuk memulai usaha laundry. Selain itu, usaha laundry kiloan juga memiliki beberapa keuntungan diantaranya sebagai berikut.

  • Risiko Kerugian Kecil

Keuntungan pertama jika Anda memilih memulai usaha laundry adalah risiko kerugian yang kecil. Hal ini dikarenakan usaha ini banyak dibutuhkan oleh orang serta mudah dikelola.

  • Bisa Dikelola Sendiri

Keuntungan kedua dari usaha laundry adalah dapat dikelola sendiri. Jika Anda baru saja merintis usaha laundry dan jumlah pelanggan yang dimiliki belum begitu banyak, maka Anda bisa mengerjakan dan mengelolanya sendiri. Dengan cara seperti ini bisa mengurangi pengeluaran untuk menggaji karyawan. Namun, jika usaha laundry Anda telah berkembang, maka Anda bisa merekrut karyawan agar tidak kewalahan.

  • Bisa Dikerjakan di Rumah

Keuntungan selanjutnya adalah usaha laundry bisa Anda lakukan di rumah. Jika Anda belum memiliki dana untuk menyewa tempat, maka Anda bisa memulai usaha laundry dari rumah sambil Anda mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya.

  • Target Pasar yang Besar

Keuntungan terakhir yang dimiliki oleh usaha laundry adalah memiliki target pasar yang besar. Bahkan bisa dikatakan hampir semua orang membutuhkan usaha dalam bidang jasa ini. Terutama orang yang memiliki kegiatan padat seperti pegawai kantor, mahasiswa, atau yang lainnya.

Tips Memulai Usaha Laundry

Jika Anda telah memutuskan akan merintis usaha laundry, maka Anda perlu mengetahui tips dan trik memulai usaha tersebut. Hal ini dikarenakan, usaha laundry bukan hanya membutuhkan modal uang saja, melainkan Anda perlu mengetahui teknik dan strategi yang tepat dalam menjalankan usaha laundry.

  • Paham tentang Teknik Mencuci

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui teknik mencuci yang benar. Anda perlu mengetahui bagaimana cara mencuci pakaian yang benar sehingga didapatkan hasil yang bersih dan rapi.

  • Tentukan Tempat yang Tepat

Setelah Anda mengetahui teknik mencuci yang tepat dan benar, maka langkah selanjutnya Anda perlu menentukan lokasi usaha laundry yang akan Anda bangun. Lokasi ini berkaitan dengan target pasar dari usaha laundry Anda. Jika target pasar yang Anda miliki adalah para karyawan pabrik, maka Anda bisa membuka usaha di lingkungan tersebut.

  • Lakukan Promosi

Promosi merupakan salah satu hal penting bagi orang yang sedang merintis usaha, termasuk usaha laundry. Dengan gencar melakukan promosi, maka masyarakat akan mengetahui tentang keberadaan usaha yang sedang Anda rilis. Anda bisa melakukan promosi dengan mencetak brosur, banner, ataupun melakukan promosi di media sosial.

  • Berikan Layanan Spesial

Anda juga perlu memikirkan tentang layanan spesial yang bisa Anda berikan kepada pelanggan. Misalnya saja layanan antar jemput pakaian gratis dengan minimal order, atau bisa juga memberikan garansi uang kembali kepada pelanggan jika pakaian yang dicuci tidak bersih. Layanan spesial ini juga nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha laundry Anda.

Kisaran Modal dan Profit Usaha Laundry

Mengetahui anggaran usaha laundry kiloan sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha tersebut. Berikut ini kisaran modal serta profit dari usaha laundry.

  • Rincian Modal Awal

Sebelum memulai membuka usaha laundry, ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan. Berikut ini rinciannya:

Nama Barang 

Jumlah

Harga

Mesin Cuci

1

Rp. 1.000.000

Mesin Pengering 

1

Rp. 1.500.000

Setrika Uap

2

 Rp. 2.000.000

Timbangan

1

Rp. 300.000

Rak Baju Kayu

1

 Rp. 800.000

Meja dan Kursi Plastik

1

Rp. 500.000

Gantungan dan Jepitan

5

Rp. 300.000

Ember 

3

Rp. 300.000

TOTAL MODAL AWAL

Rp. 6.700.000

 

  • Biaya Operasional Bulanan

Selain membutuhkan modal awal, Anda juga harus memikirkan biaya operasional bulanan. Berikut ini rincian kisaran biaya operasional bulanan.

Jenis Pengeluaran

Total

Listrik

Rp. 500.000

Air

Rp. 400.000

Transportasi

 Rp. 100.000

Deterjen

Rp. 300.000

Pewangi Pakaian

 Rp. 150.000

Pewangi Setrika

Rp. 100.000

Pembungkus Pakaian

Rp. 200.000

TOTAL BIAYA OPERASIONAL BULANAN

Rp. 1.750.000

  • Keuntungan per Bulan

Anda juga bisa memperkirakan keuntungan yang Anda dapatkan dari usaha laundry yang Anda rintis. Anda bisa membuat perkiraan misalkan sehari ada pesanan laundry 30 kg dengan tarif Rp 7.500 per kilo. Maka berikut ini perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan selama sebulan.

  • Keuntungan Kotor/Hari: Rp 30 kg x Rp7.500= Rp. 225.000
  • Keuntungan Kotor/Bulan: Rp. 225.000 x 30 hari= Rp. 6.750.000
  • Keuntungan Bersih/Bulan: Rp. 6. 750.000– Rp.1750.000=- Rp. 5.000.000

Perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan tergantung dari banyaknya pesanan laundry dan tarif laundry yang Anda terapkan. Namun, Anda dapat menggunakan rumus perhitungan tersebut untuk menentukan besarnya keuntungan yang Anda dapatkan setiap bulan.

Kendala dalam Usaha Laundry

Selain keuntungan yang Anda dapatkan, dalam menjalani suatu usaha pastilah ada kendala maupun tantangan yang harus dihadapi. Dalam usaha laundry, berikut ini beberapa kendala yang mungkin akan Anda hadapi.

  • Mesin Cuci Rusak

Kendala pertama yang akan Anda hadapi ketika menjalankan usaha laundry adalah peralatan elektronik menjadi rusak termasuk mesin cuci. Anda perlu memiliki dana simpanan yang sewaktu-waktu bisa digunakan jika mesin cuci atau peralatan elektronik lainnya rusak.

  • Keluhan Konsumen

Membuka usaha laundry, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keluhan dari konsumen. Baik itu keluhan pakaian yang tidak bersih, kurang wangi maupun tertukar. Untuk menghadapi keluhan ini, Anda harus tenang dan berpikir dengan kepala dingin. Setelahnya Anda bisa tawarkan layanan spesial sebagai ganti rugi.

  • Banyak yang Memiliki Mesin Cuci

Tantangan dan kendala terakhir yang mungkin akan Anda hadapi jika membuka usaha laundry adalah banyak orang yang telah memiliki mesin cuci. Sehingga mereka cenderung memilih untuk mencuci sendiri dibandingkan membawanya ke tempat laundry. Agar usaha laundry Anda berjalan lancar, maka Anda perlu memikirkan dengan matang target pasar usaha laundry Anda dan juga tempat usaha laundry Anda.

Penutup

Memulai usaha laundry bukanlah hal yang mudah sama halnya dengan memulai usaha lainnya. Anda perlu memikirkan dengan matang target pasar dan strategi pemasarannya. Jika Anda telah berhasil membangun usaha laundry tersebut, maka Anda akan mendapatkan profit yang tinggi dari usaha laundry tersebut.

Share: