Berbagai macam minuman kekinian saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Minuman kekinian tersebut memiliki citarasa yang unik dan khas sehingga disukai oleh kalangan anak-anak hingga orang dewasa. 

Maka, tidak heran jika orang yang melirik ide bisnis minuman kekinian, sebab menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Dalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap tentang peluang beserta rincian usaha minuman kekinian.

Peluang Bisnis Minuman Kekinian

Peluang bisnis minuman kekinian terbilang bagus dan sangat menjanjikan. Bisnis minuman kekinian memiliki berbagai macam citarasa yang unik serta nikmat di lidah. 

Meski sebagian besar orang banyak yang telah membuka bisnis minuman kekinian. Namun, peluang untuk bisnis ini masih sangat besar dan terbuka lebar. Sebab, minuman kekinian memiliki beragam cita rasa dan merek yang berbeda-beda.

Keuntungan Bisnis Minuman Kekinian

Maraknya berbagai minuman kekinian di tengah masyarakat membuat banyak orang melirik dan tertarik untuk memulai bisnis minuman kekinian. Pasalnya minuman kekinian, sangat disukai oleh semua kalangan. 

Mulai dari minuman kekinian di kaki lima, hingga outlet-outlet di dalam mall. Selain itu bisnis minuman kekinian juga memiliki beberapa keuntungan, diantaranya sebagai berikut:

Keuntungan yang pertama dalam menjalani bisnis minuman kekinian adalah tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa memulai bisnis dengan skala kecil seperti minuman kekinian rumahan. 

Sehingga Anda bisa memasarkan produk minuman kekinian melalui media sosial, sehingga tidak mengharuskan anda memiliki tempat yang besar. Anda juga bisa menggunakan satu buah mini booth sebagai permulaan dalam menjalankan bisnis.

  1. Jangkauan Pasar yang Luas

Umumnya bisnis kuliner selalu memiliki banyak peluang untuk mendapatkan keuntungan. Ternyata hal tersebut tidak hanya berlaku pada makanan saja, tetapi juga makanan. 

Sebab selain mengkonsumsi makanan, setiap orang juga membutuhkan minuman. Oleh sebab itu, bisnis minuman kekinian memiliki jangkauan pasar yang cukup luas dari berbagai macam kalangan.

  1. Laba yang Menjanjikan

Meski hanya menggunakan modal yang minim, bisnis minuman kekinian tidak bisa dianggap receh atau remeh. Pasalnya, untuk memulai bisnis minuman kekinian Anda tidak memerlukan banyak karyawan bahkan Anda bisa membuatnya sendiri. 

Hal ini tentunya akan memangkas biaya yang seharusnya dikeluarkan. Selain itu, penikmat minuman kekinian sangat banyak dari berbagai kalangan. Sehingga laba yang akan Anda peroleh juga lebih menjanjikan.

Tips Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Saat ini bisnis minuman kekinian menjadi salah satu bisnis yang memiliki potensi dan keuntungan yang menjanjikan. Pengolahannya yang tidak begitu sulit serta bahan baku yang mudah ditemukan di pasaran akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis tersebut. 

Agar bisnis Anda bisa berjalan dengan cepat dan sukses, berikut beberapa tips sukses untuk memulai bisnis minuman kekinian yang bisa Anda coba!

  1. Lokasi Pemasaran yang Strategis

Tips sukses pertama yang bisa Anda coba terapkan saat memulai usaha minuman kekinian adalah pemilihan lokasi pemasaran yang strategis. Anda bisa memilih lokasi dengan mobilitas tinggi misalnya pasar, rumah sakit, pusat perbelanjaan, taman serta kampus. 

  1. Harga

Selain memilih lokasi pemasaran yang strategis, tips lainnya agar bisnis Anda berjalan dengan sukses adalah penetapan harga yang normal. Anda bisa melakukan survey harga sebelum menentukan harga jual. Jangan sampai Anda menjual minuman dengan harga yang terlalu mahal. 

Anda juga harus memperhatikan lokasi penjualan sebab hal tersebut juga akan mempengaruhi harga. Misalnya untuk area kampus biasanya memiliki harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan area mall.

  1. Promosi

Sistem promosi yang bisa Anda gunakan dalam bisnis minuman kekinian adalah promosi massif. Anda bisa memulai dari memasang pamflet, membagikan brosur, dan menyebarkan iklan di media sosial.

 

  1. Pertahankan Kualitas Citarasa

Tips terakhir yang tak kalah penting dalam memulai bisnis minuman kekinian adalah mempertahankan kualitas citarasa minuman. Citarasa yang enak dan khas serta pelayanan yang baik akan menjadi nilai lebih bagi bisnis minuman kekinian yang Anda jalani. 

Kisaran Modal dan Profit Bisnis Minuman Kekinian

Penting bagi Anda untuk mengetahui anggaran yang akan dikeluarkan dalam memulai bisnis minuman kekinian. Berikut kisaran modal serta profit dari bisnis minuman kekinian.

  1. Rincian Modal Awal 

Sebelum memulai untuk menjalankan bisnis minuman kekinian, ada beberapa item peralatan dan perlengkapan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, berikut diantaranya:

Nama Barang

Unit

Harga

Booth 

1

Rp 2.000.000

Mesin Penyegel Minuman

1

Rp 1.500.000

Kompor, Tabung & Gas

1

Rp 500.000

Panci Besar

1

Rp 35.000

Saringan

1

Rp 25.000

Pisau 

1

Rp 25.000

Gunting

1

Rp 8.000

Mesin Blender

1

Rp 155.000

Gelas & Sedotan

500

Rp 400.000

Sendok

12

Rp 10.000

Toples

10

Rp 200.000

Baskom

2

Rp 40.000

Lap

3

Rp 10.000

Spanduk

1

Rp 57.000

Promosi

1

Rp 100.000

Perl. Tambahan Lainnya

1

Rp 125.000

Total

Rp 5.190.000

  1. Biaya Operasional Bulanan

Biaya operasional juga harus Anda perhitungan selain biaya modal dalam memulai bisnis minuman kekinian. Berikut kisaran rincian biaya operasional bulanan:

Jenis Pengeluaran

Total

Biaya peny. peralatan

Rp 500.000

Biaya Bahan Baku

Rp 2.700.000

Biaya sewa

Rp 500.000

Biaya air

Rp 100.000

Biaya listrik

Rp 135.000

Lain-lain

Rp 100.000

Total

Rp 4.035.000

Laba / Profit per Bulan

Anda juga bisa menghitung perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bisnis minuman kekinian yang Anda rintis. Anda bisa membuat simulasi misalkan dalam satu hari Anda bisa menjual 50 gelas minuman kekinian. Maka berikut kisaran laba yang akan Anda dapatkan:

  • Laba kotor/hari : 50 gelas x Rp 8.000 = Rp 400.000
  • Laba kotor/ bulan Rp 400.000 x 30 hari = Rp 12.000.000
  • Laba bersih/bulan Rp 12.000.000 – 4.035.000 = Rp 7.965.000
  • Lama Balik Modal : Rp 5.190.000 : 7.000.000 = – 1 bulan
  • Perkiraan laba yang akan Anda peroleh tergantung dari banyaknya produk minuman kekinian yang terjual.

Memulai serta menjalankan bisnis minuman kekinian sangat mudah dan menjanjikan. Apalagi minuman kekinian banyak disukai oleh semua kalangan. Dengan mengetahui kisaran modal dan keuntungan yang akan diperoleh. Diharapkan Anda bisa menjalankan bisnis minuman kekinian secara baik dan sukses. Selamat mencoba.

 

 

Share: