Usaha Budidaya Lemna – tanaman yang sering dijadikan pembersih kolam dan akuarium ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, di marketplace online saja per 100 gram harganya 5000 rupiah.

Lemna utamanya di pakai sebagai pakan pengganti atau pendamping ikan seperti lele, koi dan nila selain itu juga bisa sebagai pendamping pakan unggas, karena Lemna sendiri bisa menghemat 70% biaya pakan peternak. Selain itu juga pecinta aquascape juga banyak memakai tanaman ini sebagai pemercantik aquarium mereka sekaligus mengurangi kadar ammonia.

Apa Itu Lemna

Lemna atau sebutan lokalnya mata lele atau duckweed adalah tanaman kosmolitan yang memiliki ukuran yang kecil dengan diameter sekitar 6-8 mm. Lemna tanaman yang mengambang di atas permukaan air yang bersifat cosmopolitan dan bisa tumbuh dimana saja.

Tanaman kecil ini dapat menjadi sumber utama makanan beberapa jenis hewan, seperti, bebek, burung air, dan ikan, serta dapat digunakan dalam makanan ayam, kambing, dan sapi.

Dilahan air yang subur lemma bisa berkembang biak 40% dalam sehari sehingga tanaman ini bisa dibilang mudah dalam perawatan tanpa perlu perawatan khusus.

Peluang Usaha Budidaya Lemna

Meski dibilang bukan hal baru lagi, permintaan pun masih banyak apalagi bagi peternak unggas dan ikan organik, karena memiliki protein yang tinggi lenma bisa dijadikan pakan utama bagi para peternak unggas dan ikan organik tersebut.

Selain kita bisa menjual sebagai pakan para peternak, lenma juga bisa dijual untuk para pecinta aquascape dan kolam ikan sebagai pembersih air. Di market place banyak yang menjual lenma dalam 20-100 gram.

Tips dan Cara Usaha Budidaya Lemna Modal Kecil

  • Menyiapkan Media tanam/media kolam Lemna

Cаrа budidaya Lemna sama seperti wolffia уаng реrtаmа аdаlаh mеnуіарkаn kolam terpal untuk media perkembangbiakkannya. Kolam terpal menjadi alternatif karena murah dan flexible. Anggaranusaha.com menyarankan memakai kolam terpal ukuran 2×1.5×0.5 meter minimal untuk budidaya lemna.

Air yang digunakan untuk media budidaya Lemna sebaiknya air sumur, air hujan atau yang bagus adalah air kolam ikan tapi kita harus mengendapkannya 1-2 hari dulu sebelum menjadikannya media tanam bagi lemna. Sedangkan untuk air pam atau pdam sendiri biasanya mengandung klorin dan kaporit penghambat perkembangan Lemna.

  • Pupuk Lemna

Pupuk lemna bisa di utamakan menggunakan pupuk cair kandang yang sudah di fermentasi selama seminggu. Karena butuh waktu untuk sampai pupuk itu siap dipakai sebaiknya kita menyiapkan 7 tempat ember 50 liter agar bisa mempunyai pupuk harian untuk budidaya lemna.

  • Menebarkan Bіbіt lemna dan perawatannya

Setelah kolam siap dan pupuk sudah di sebar kita bisa langsung menyebarkan bibit Lemna. Minimal untuk kolam 2×1.5x.0.5 m adalah 200 gram Lemna. Jika kita sebarkan kita taruh paranet diatasnya agar tidak terkena matahari langsung karena lenma akan mati jika air media air panas. Selain itu juga paranet juga mengurangi hujan debit air hujan yang membuat kolam meluap.

  • Pemberian pupuk dan penggantian air

Untuk pupuk cair dengan dosis 10 liter kita harus sebar tiap 1 hari sekali. Dan untuk penggantian air sebaiknya kita lakukan setiap 1 bulan sekali, karena jika terlalu lama air menggenang maka air akan menjadi asam. Selalu juga aduk air setiap hari sekali agar pupuk merata di seluruh kolam. kita aduk sampai kedasar agar pupuk yang mengendap menjadi larut juga.

  • Masa Panen

Setelah bibit lemna sebanyak 200 gram di sebar maka akan butuh sekitar 10 hari untuk panen pertama. Karena kita menunggu agar lemna sampai menyebar ke seluruh kolam dan jumlah padat. Saat panen kita tidak memanen seluruhnya, kita Cuma boleh memanen setengahnya sekitar 2 kg.

Dan setelah itu kita bisa memanennya lagi setelah 3 hari sekali. Dengan 3 kolam terpal kita bisa mengkombinasikan setiap sehari kita bisa panen lemna 2 kg sehari.

Analisa Mоdаl Usaha Budidaya Lemna

Modal untuk usaha budidaya lemna agar bisa menghasilkan keuntungan harian yang besar setidaknya di perlukan minimal modal 1 juta. Dari budjet minimial 1 juta tersebut anggaranusaha.com merinci реrkіrааn mоdаl budidaya Lemna sebagai bеrіkut:

3 Kolam terpal A15 (2×1.5x.5m) dengan tempat pembuangan air450.000
Bambu 8 (Pondasi Kolam terpal)80.000
600 Gram Bibit lemna30.000
Paranet 6 meter60.000
7 Ember plastic 50 liter tempat pupuk350.000
Total970.000

 

Karena kita tidak pembelian pupuk tapi memanfaatkan limbah dapur, bekas air beras, dan pupuk kendang kita bisa menghemat anggaran operasional untuk membudidayakan lemna.

Keuntungan Usaha Budidaya Lemna

Setelah реrkіrааn investasi usaha budidaya Lemna dіhіtung, mari kita menghitung реrkіrааn keuntungan уаng bіѕа kita dараtkаn. <еnghіtung perkiraan budidaya lemna kеuntungаn setelah 40 hari yang akan didapat dibawah ini cara menghitungnya sebagai berikut.

  • Setelah 10 hari kita bisa memanen 2 kg setiap hari, maka dalam 30 hari kita bisa mendapatkan 2 kg x 30 = 60 kg.
  • Harga Lemna perkg adalah 50.000. maka dalam 30 hari setelah panen pertama kita bisa mendapatkan 3 juta
  • Dikurangi modal investasi 3.000.000 – 940.000= 2.060.000
  • Dalam 40 hari kita sudah balik modal, setelah itu kita bisa hitung hanya untuk pengeluaran pupuk. Yaitu kentungan dalam sebulan adalah 3.000.000

Resiko Usaha Budidaya Lemna

Meskipun dibilang usaha budidaya Lemna mudah, tapi dalam teorinya usaha budidaya Lemna itu banyak resiko baik dari kegiatan budidaya itu sendiri maupun faktor external seperti berikut

  1. Resiko media air

Air sebagai tempat budidaya Lemna tidak bisa menggunakan air pam yang mengandung kaporit, bahkan air hujan dan air sumur pun perlu kita endapkan selama 2-3 hari sampai bisa dipakai sebagai media budidaya lemna

  1. Tidak tahan lama

Lemna tidak tahan panas, maksimal suhu yang bisa di pakai budidaya lemna adalah 18-25 derajat celcius, maka dari itu kita juga harus menjaga volume air agar tidak kurang dari 30 cm tingginya. Kita bisa mengkombinasikan dengan paranet tapi kita juga dilarang terlalu menggunakan paranet yang bisa mengurangi cahaya matahari.

Hal Yang Perlu Diketahui

Budidaya Lemna merupakan sangat mudah dan prospeknya masih bagus. Karena kita juga bisa membudidayakan lenma sebagai alternatif pakan ikan kita sendiri atau pakan ternak untuk menghemat pengeluaran pakan para perternak.

Share: