Anggaranusaha.com – Usaha menu sarapan modal 10 juta masih terbilang profitable karena banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Mereka para pekerja yang selalu sibuk umumnya selalu membuatkan sarapan di pagi hari.

Ada banyak ide jualan untuk menu sarapan pagi yang nantinya bisa disesuaikan dengan kondisi di daerah masing-masing. Ide ini bisa berupa nasi kuning, soto ayam, lontong sayur dan berbagai jenis makanan lainnya.

Dalam usaha ini tinggal menunggu kejelian kamu mencari lokasi yang tepat untuk jualan. Jika hal ini bisa kamu dapatkan maka dalam sebulan bisa meraup keuntungan yang sangat besar.

Rincian Modal dan Keuntungan

Untuk kamu yang ingin usaha menu sarapan perlu dirinci terkait apa saja yang dibutuhkan. Hal ini bisa berupa bahan atau peralatan yang dibutuhkan selama menjalankan usaha tersebut.

1.      Perhitungan Modal

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa perhitungan modal yang harus kamu siapkan:

Bahan dan Peralatan

Biaya

Gerobak Stainless

3.000.000

Peralatan masak

1.500.000

Peralatan makan

500.000

Tenda

500.000

Bahan baku

3.000.000

Karyawan

1.000.000

Biaya lain-lain

500.000

Perhitungan di atas diakumulasikan dalam kurun waktu 1 bulan ke depan. Hal seperti ini dilakukan agar lebih mudah penghitungan estimasi keuntungan yang akan didapatkan per bulan.

Perhitungan modal ini untuk hitungan standard dimana kamu tidak perlu sewa tempat. Sehingga jika masih sewa tempat, listrik dan air maka perhitungannya lebih besar dari itu.

2.    Rincian Keuntungan

Setelah menghitung modal maka kamu juga memperinci keuntungan yang akan didapatkan per bulannya.

Item

Total

Pendapatan 100 x 5.000 x 30

15.000.000

Keuntungan

15.000.000 - 10.000.000 = 5.000.000

Perhitungan di atas dihitung dengan asumsi kamu jualan nasi kuning dengan harga 5.000 per porsi. Lalu dalam sehari, kamu bisa memproduksi sebanyak 100 porsi sehingga dalam sebulan saja omzetnya mencapai 15 juta.

Keuntungan ini bisa saja lebih besar jika kamu mampu mempromosikan usaha ini ke berbagai daerah.  Namun hal ini bukan hal yang mustahil sehingga omset lebih besar dari di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Tips Jualan Sarapan Agar Untuk Berlipat-Lipat

Untuk kamu yang mau untung jutaan rupiah maka beberapa tips berikut bisa kamu coba dan berikut ulasannya:

1.      Buka Lebih Pagi

Karena untuk mereka yang mau sarapan maka kamu bisa membuka usaha ini pagi hari. Kamu bisa membuka usaha ini sejak habis subuh dan itu waktu yang terbaik untuk menjual semua aneka menu sarapan.

Sebab ketika sudah menginjak siang maka para pekerja akan berdatangan dan pesan menu sarapan. Proses ini sebagai jalan pintas agar tidak perlu memasak sebelum atau sesudah bekerja.

Buka lebih pagi ini sebenarnya disiapkan untuk mereka yang pulang atau berangkat di pagi hari. Karena pagi hari maka kamu perlu menyiapkan segala kebutuhan lebih awal agar bahan-bahannya tidak kekurangan

2.    Jual di Dekat Pabrik

Sebagaimana diketahui di pabrik umumnya ada dua hingga tiga shift dan ini menjadi keuntungan tersendiri. Mereka yang bekerja di tempat ini ada yang berangkat pagi dan pulang di pagi hari juga.

Sehingga peluang untuk bisa laris manis semakin besar karena di sisi lain untuk persiapan bekerja. Sedangkan untuk yang pulang pagi khusus bagi mereka yang lapar karena semalaman bekerja.

Untuk lokasi bisa dibuka di pintu keluar masuknya parkiran motor dari para pekerja. Dengan seperti ini maka mereka tidak perlu jalan kaki dan sebelum mengambil motor bisa sarapan terlebih dahulu.

3.    Pilih Menu Sarapan Sesuai Keinginan Konsumen

Untuk menu sarapan ini tidak harus mematok di satu jenis dan ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa melihat dan menganalisa terkait makanan apa yang disukai oleh pelanggan.

Jika di awal-awal buka nasi kuning dan ternyata yang disukai adalah soto ayam maka bisa segera beralih. Proses peralihan ini dilakukan jika dari semua pelanggan meminta menu soto ayam.

4.    Punya Resep yang Berbeda

Resep yang istimewa dan berbeda dari yang lain lebih disukai oleh pelanggan karena rasanya khas. Sehingga kamu perlu melakukan analisa terkait bagaimana membuat menu sarapan terbaik.

Kamu bisa mencari resep tersebut di internet atau buku-buku masak yang dijual secara online. Dengan cara seperti ini nantinya kamu bisa meracik sendiri terkait apa saja bahan yang dibutuhkan.

Usaha menu sarapan modal 10 juta layak dicoba dan pastikan lokasinya strategis. Kamu perlu melakukan berbagai analisa sebelum membuka usaha agar tidak buntung di lain hari.

Ketika berjalan pastikan selalu memberikan pelayanan yang terbaik mulai dari tempat yang bersih dan rasa makanan yang khas. Jika tips di atas sudah dijalankan maka untuk meraup keuntungan jutaan terbilang sangat mudah.

Share: