Jus buah termasuk salah satu usaha yang peluangnya masih sangat luas dan menguntungkan. Untuk menjalankan bisnis ini tidak butuh modal besar tetapi keuntungan yang bisa diraih bisa mencapai jutaan rupiah.

Namun sebelum memulai usaha sebaiknya kamu mengetahui dan menghitung modal yang diperlukan. Dari perhitungan ini nantinya kamu tinggal mengkalkulasi terkait barang atau peralatan apa yang dibutuhkan.

Untuk mensukseskan usaha tersebut juga ada tips khusus agar bisa laris manis. Lantas dengan uang 10 juta, barang apa saja yang perlu dibeli? Dan bagaimana tips sukses untuk menjalankan usaha ini? Yuk simak ulasan berikut

Perhitungan Modal dan Keuntungan Usaha Jus Buah

Sebelum memulai usaha, perhitungan modal 10 juta perlu diperinci terkait apa saja yang perlu dibeli. Prose ini sangat penting agar belanjanya efektif dan tidak lebih dari modal yang ditentukan.

1.     Perhitungan Modal

Daripada penasaran, berikut beberapa barang yang perlu dibeli dengan modal sebesar 10 juta rupiah:

Barang / Peralatan

Harga

Sewa tempat sebulan

1.000.000

Both kecil

3.000.000

Blender, pisau, box es, dll

1.000.000

Aneka buah

1.500.000

Bahan tambahan (susu, es batu, gula, dll)

250.000

Gelas dan sedotan plastik

200.000

Mesin cup sealer

1.200.000

Gaji pegawai

1.500.000

Listrik dan air per bulan

300.000

Total

10.000.000

2.    Perhitungan keuntungan

Dalam perhitungan ini diasumsikan dalam sehari bisa terjual hingga 40 cup per hari dengan harga 10 ribu rupiah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memperhatikan tabel berikut:

Rincian

Total

Pendapatan sehari (40 x 10.000) = 400.000

Omset per bulan = 400.000 x 30 = 12.000.000

Keuntungan bersih

12.000.000 - 10.000.000 = 2.000.000

Perhitungan ini hanyalah asumsi sehingga bisa saja lebih besar atau kecil dari yang tertulis. Hal ini tergantung dari jumlah orderan setiap hari. Sebab dalam sehari terkadang bisa saja lebih dari 40 cup.

Tips Sukses Jualan Jus Buah

Dengan modal 10 juta tentu bukan dana yang kecil sehingga perlu tips jitu agar bisa balik modal. Jika memungkinkan dalam 2 bulan bisa sesuai dengan perhitungan di atas. Agar bisa sukses lebih cepat, berikut tips yang bisa kamu jalankan:

1.     Memilih Lokasi yang Strategis

Penentuan lokasi untuk jualan perlu diperhatikan lebih awal karena ini berkaitan dengan ramai tidaknya konsumen. Umumnya lokasi yang strategis selalu dikaitkan dengan tempat yang banyak dilalui orang atau ramai.

Namun persepsi ini masih kurang tepat karena perlu diimbangi dengan tingkat ekonomi masyarakat yang tinggi. Dengan tingginya ekonomi maka kesempatan untuk membeli jus semakin tinggi.

Hal penting lainnya adalah lokasinya mudah diakses dan disarankan berapa di pinggir jalan. Dengan lokasi seperti ini maka konsumen tidak perlu masuk gang dan tinggal pesan di pinggir jalan.

2.    Gunakan racikan yang terbaik

Sebagai penjual jus pendatang baru, gunakan racikan jus yang berbeda dengan yang lain. Untuk resep membuat jusnya bisa kamu cari lewat internet atau berbagai buku masakan.

Kamu bisa contoh secara penuh atau digabungkan dengan ide lain agar rasanya semakin enak. Karena itu, kamu perlu mengetahui seperti apa takaran dari setiap bahannya mulai gula, komposisi buah dan yang lainnya.

Sebelum dijual alangkah baiknya jika hasil racikannya di uji coba ke beberapa orang. Dari hasil ini nantinya kamu bisa mendapatkan racikan yang sudah sesuai takaran dengan rasa terbaik.

3.    Membeli buah-buahan secara grosir

Karena digunakan untuk jualan, sebaiknya beli bahan baku secara grosir. Dengan pembelian seperti ini akan membuat kamu tidak terlalu banyak biaya untuk membeli buah.

Untuk itu, kamu bisa mencarinya di pasar atau tangan pertama dari penjual buah. Dengan langkah ini maka harga yang kamu dapatkan bisa lebih murah dan hasil buahnya lebih banyak.

Selain di pasar, kamu juga bisa membeli di tempat lain selama harganya masih murah. Jika memungkinkan pembelian secara online juga bisa selama ongkos kirimnya tidak terlalu banyak

4.    Berikan promo menarik

Promo menjadi solusi atau langkah awal untuk menarik pelanggan agar mengetahui tempat jualan kamu. Sehingga dalam kurun waktu beberapa hari, kamu bisa berikan diskon hingga 20% hingga 30%.

Dengan langkah ini mereka akan merasakan nikmat tidaknya jus buah yang kamu jual. Karena racikannya sudah diuji coba maka besar kemungkinan mereka akan order meskipun promonya sudah berakhir.

5.    Kerjasama dengan Ojek Online

Bagi kamu yang berada di kota besar maka keberadaan ojek online bisa kamu manfaatkan dengan baik. Kamu bisa ajak mereka untuk bekerja sama baik itu Gojek, Gofood atau yang lainnya.

Proses seperti ini dilakukan karena beberapa pelanggan terkadang malas datang ke tempat jualan. Hal ini karena sedang kerja kantoran, sibuk kerja freelance atau keperluan lainnya.

Kamu cukup sampaikan nomor Whatsapp atau media sosial untuk pemesanan jus buah tersebut. Saat ada orderan, kamu bisa menghubungi pihak ojek online untuk mengantar minuman ke konsumen yang telah memesan.

Jadi dari rincian modal jus buah 10 juta ini bisa kamu manfaatkan untuk membeli bahan dan peralatan. Dari modal tersebut, kamu cukup sabar dan melakukan tips ini dengan sabar. Maka hasilnya bisa sesuai perhitungan atau bahkan lebih besar ke depannya.

Tips ini memang tidak bersifat final sehingga bisa ditambahi dengan tips menarik lainnya. Misalnya membeli perabotan yang bekas, dikerjakan sendiri atau strategi terbaik lainnya.

Share: