Anggaranusaha.com – Usaha Mainan Anak hingga saat ini masih diakui jadi usaha yang menjanjikan. Jika dilihat dari populasi rakyat, jumlah anak di Indonesia ada kira-kira 85 juta di nominasi oleh anak atau hampir sepertiga dari keseluruhan jumlah rakyat Indonesia. Bila disandingkan dengan usaha, angka ini sangat prospektif.

Dilihat dari sasaran pasar manapun, akan banyak yang bisa disasar. Mulai dari laki-laki dan perempuan, rentang usia balita sampai remaja, juga berbagai macam kategori permainan. Terlebih lagi, anak-anak mudah bosan dengan mainan yang dimiliki dalam kurun waktu yang singkat. Supaya seringkali orangtua perlu untuk menggantinya dengan yang baru.

Memulai Usaha Mainan Anak ini memang tidak membutuhkan modal besar. Apalagi, kamu bisa memulainya dengan modal Rp10 juta. Selain menjual mainan anak, usaha ini bisa juga dikembangkan dengan penyewaan mainan anak.

Setelah itu, berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai berjualan mainan anak? tipe mainan anak seperti apa yang menguntungkan? Dan bagaimana taktik berjualan mainan anak sampai bisa untung besar?

Jika, pertanyaan-pertanyaan di atas ada didalam pikiran kamu, artikel ini jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin memulai bisnis mainan anak. Yuk simak rincian Usaha Mainan Anak modal 10 juta berikut ini.

Perhitungan Modal dan Keuntungan Usaha Mainan Anak

Untuk memulai usaha tersebut dibutuhkan perhitungan modal terlebih dahulu agar tahu apa yang harus dibeli. Setelah itu, kamu bisa menghitung keuntungan yang didapatkan dalam setiap bulannya.

1.      Perhitungan Modal

Untuk rincian modal usaha mainan anak, kamu bisa memperhatikan tabel berikut:

Bahan dan Peralatan

Biaya

Biaya

500.000

Aneka mainan edukatif

1.000.000

Aneka mainan lainnya

1.500.000

Aneka mobil-mobilan

1.000.000

Mainan tradisional

500.000

Boneka

700.000

Rak 5 buah

2.300.000

Etalase 2 buah

1.500.000

Puzzle

500.000

Biaya lain-lain

500.000

Total

10.000.000

Semua bahan dan peralatan di atas bisa kamu siapkan sejak awal untuk memulai usaha ini. Biaya di atas dihitung dengan estimasi kamu sudah punya tempat untuk jualan sehingga tidak perlu untuk sewa.

2.    Perhitungan Keuntungan

Selain modal berikut perhitungan keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam kurun waktu 1 bulan:

Rincian

Total

Pendapatan

10 x 30.000 x 30 = 9.000.000

Keuntungan / kerugian

9.000.000 - 10.000.000 = -1.000.000

Perhitungan di atas bisa dilihat jika dalam 1 bulan pertama kamu belum bisa balik modal. Namun di bulan kedua kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari usaha ini.

Usaha mainan ini di estimasikan laku 10 pcs setiap hari dengan keuntungan 30 ribu. Sehingga jika tingkat penjualannya melebihi 10 pcs setiap hari dan rutin maka kamu bisa meraup keuntungan lebih besar lagi.

Tips Sukses Jualan Mainan Anak

Dengan usaha mainan anak, kamu berpeluang menjadikan bisnis ini sebagai penghasilan utama. Sebab peluangnya sangat besar dan berikut tips supaya usaha kamu bisa laris manis:

1.      Harganya Kompetitif

Untuk memulai usaha mainan, kamu harus bisa menyeimbangkan harga jual produk tersebut. Dengan demikian, konsumen tidak akan berpikir jika harga mainan di tempat kamu terlalu mahal.

Kamu bisa datang ke berbagai tempat usaha sejenis lalu cari tahu terkait berapa harga produk tersebut. Dengan teknik seperti ini kamu bisa mengetahui berapa harga pasaran dari mainan ini.

Tanpa langkah ini akan membuat kamu tidak cepat balik modal jika dijual di bawah harga pasaran. Sedangkan jika terlalu mahal maka konsumen enggan untuk membeli mainan di tempat kamu.

2.    Evaluasi Jenis Mainan Anak

Jenis mainan anak bisa cepat berganti dalam setiap masanya sehingga harus selalu update. Proses evaluasi seperti ini perlu dilakukan secara berkala agar produk yang kamu jual tidak ketinggalan zaman.

Jika masih mau membeli maka pelajari dahulu terkait mainan apa yang ramai di pasaran. Selain itu, kamu juga harus disesuaikan mulai dari mainan itu untuk anak umur berapa dan kelaminnya apa.

Dengan analisa seperti ini maka mainan yang kamu jual akan lebih cepat laris manis. Untuk analisa paling mudah bisa dilakukan via marketplace dan melihat produk apa yang sedang laris sekarang ini.

3.    Gencar Berpromosi

Inti dari sebuah usaha itu terletak pada seberapa gencar kamu melakukan promosi. Bentuk promosi mainan anak-anak bisa dilakukan secara online atau offline dan kamu bisa memilih diantara keduanya.

Promosi via online bisa dilakukan dengan posting produk di Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Sedangkan untuk promosi offline bisa dilakukan dengan sebar brosur ke berbagai daerah. Namun untuk kamu yang dananya masih kurang bisa dilakukan via online terlebih dahulu.

4.    Potongan Harga di Hari Spesial

Dalam menjual mainan, kamu bisa melakukan teknik promo di hari-hari spesial tertentu. Misalnya hari kemerdekaan, valentine day, ulang tahun dan beberapa mom penting lainnya.

Untuk diskonnya, kamu bisa tentukan sendiri ukurannya mulai dari 10% hingga 30% untuk potongan. Dengan teknik seperti ini maka bisa mendatangkan pelanggan meskipun dari segi keuntungan tergolong sedikit.

Dengan teknik usaha mainan anak modal 10 juta seperti ini maka dengan mudah kamu meraup profit. Di awal-awal memang terasa susah mendapatkan keuntungan tetapi seiring berjalannya waktu akan lebih mudah.

Selama tips di atas dijalankan dengan benar maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Lakukan secara bertahap dan jika tidak ada biaya promosi maka bisa dengan cara gratisan seperti posting di media sosial.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *