Bisnis fried chicken merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati karena memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Anda bisa menjumpai usaha ini di berbagai gerai, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran ternama.

Apalagi Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya menyukai olahan daging ayam salah satunya fried chicken. Lalu apa saja persiapan dan berapa kisaran modal jika kita ingin memulai usaha ini?

Kisaran Biaya Modal dan Profit Bisnis Fried Chicken

Penting bagi Anda untuk mengetahui kisaran anggaran yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis fried chicken. Jika masih bingung, berikut modal serta profit dari bisnis ayam goreng tepung atau fried chicken:

  1. Rincian Modal Awal

Ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang perlu Anda persiapkan untuk memulai bisnis fried chicken, berikut diantaranya:

Nama Barang

Unit

Harga

Etalase

1

Rp 2.000.000

Mesin Deep Fryer

1

Rp 8.000.000

Peniris

1

Rp 100.000

Baskom

4

Rp 200.000

Talenan

1

Rp 50.000

Cupit Makanan

2

Rp 50.000

Piring & Gelas

12

Rp 500.000

Meja & Tempat Duduk

10

Rp 2.000.000

Alat tambahan

4

Rp 500.000

Total

Rp 13.400.000

  1. Biaya Operasional Bulanan

Selain modal awal, Anda juga harus memperhitungkan biaya operasional bulanan. Berikut kisaran rincian biaya operasional bulanan:

Jenis Pengeluaran 

Total

Biaya peny. peralatan

Rp 15.000.000

Biaya Bahan Baku

Rp 5.000.000

Biaya sewa

Rp 500.000

Biaya air

Rp 100.000

Biaya listrik

Rp 100.000

Biaya Promosi

Rp 200.000

Lain-lain

Rp 100.000

Total

Rp 21.000.000

Laba / Profit per Bulan

Anda juga bisa menghitung perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bisnis fried chicken yang Anda rintis. Anda bisa membuat simulasi misalkan dalam satu hari Anda bisa menjual 90 pcs fried chicken. Maka berikut kalkulasi perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan 

  • Laba kotor/hari : 90 pcs x Rp 10.000 = Rp 900.000
  • Laba kotor/ bulan Rp 900.000 x 30 hari = Rp 27.000.000
  • Laba bersih/bulan Rp 27.000.000 -21.000.000 = Rp 6.000.000
  • Lama Balik Modal : Rp 13.400.000 : 6.000.000 = 2,23 atau 3 bulan.

*Perkiraan laba yang akan Anda peroleh tergantung dari banyaknya fried chicken yang terjual.

Tips Sukses Bisnis Fried Chicken

Seperti yang sudah disinggung di atas, usaha fried chicken memang masih memiliki potensi menjanjikan hingga saat ini. Karena selain minim modal,  proses pengolahan dan memasaknya juga tidak terlalu sulit. 

Nah, agar usaha ayam goreng tepung kamu semakin sukses, berikut tips sukses bisnis chicken yang bisa kamu praktekkan:

  1. Tentukan Konsep Dari Bisnis yang Akan Dijalani

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan konsep dari bisnis fried chicken yang akan Anda geluti. Terdapat banyak macam konsep usaha, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum memulai bisnis chicken. 

Beberapa rekomendasi konsep yang bisa Anda gunakan misalnya fried chicken takeaway, fried chicken dengan berbagai jenis topping sambal, dan fried chicken geprek berlevel. Biasanya penentuan konsep akan sangat berpengaruh terhadap semua jenis persiapan dan modal yang akan Anda gunakan.

  1. Referensi dan Survey Supplier Bahan Baku

Saat Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis fried chicken, maka Anda harus memperbanyak mencari referensi supplier yang menyediakan bahan baku misalnya ayam dan tepung khusus fried chicken. 

Anda juga bisa melakukan survey secara langsung untuk memastikan bahan baku yang Anda gunakan adalah bahan dengan kualitas baik dan terjangkau. Hal ini akan berpengaruh terhadap harga jual yang akan Anda gunakan untuk bisnis fried chicken.

  1. Menerapkan Analisa Bisnis atau Usaha

Menggunakan analisa bisnis atau usaha di dalam bisnis yang akan Anda mulai sangat penting untuk dilakukan. Anda harus mengetahui peluang, kekuatan, dan semua hal yang berhubungan dengan bisnis fried chicken. 

Anda bisa menerapkan analisis  Strength, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT). Analisa ini bisa membantu memberikan Anda pandangan mengenai strategi, peluang, promosi dan segmentasi pasar yang diharapkan.

  1. Harga yang Sesuai

Setelah Anda menerapkan sistem analisis SWOT, maka Anda bisa menentukan harga jual fried chicken yang sesuai. Apabila Anda menggunakan konsep di pinggir jalan maka, Anda bisa menjual dengan harga sekitar 10 sampai 15 ribuan, dengan ukuran fried chicken yang telah disesuaikan. 

Namun, jika Anda menggunakan konsep kekinian atau menggunakan container, maka Anda bisa menjual dengan harga sekitar 20 ribuan. Harga jual yang akan Anda gunakan juga tergantung dari lokasi dan target market.

 

  1. Gunakan Promosi Maksimal

Sistem promosi yang bisa Anda gunakan dalam usaha atau bisnis fried chicken adalah promosi massif. Anda bisa membagikan brosur, memasang pamflet yang menarik, iklan di media sosial dan promosi dari mulut ke mulut.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Suatu tempat atau lokasi sangat menentukan untuk kesuksesan dari sebuah bisnis. Anda bisa memilih lokasi di dekat kampus, perumahan atau tempat keramaian lainnya. Lokasi bisnis fried chicken Anda juga akan mempengaruhi harga jual yang akan Anda terapkan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih lokasi yang ramai, apalagi yang masih minim bisnis fried chicken. Tentunya bisnis Anda akan menjadi perhatian di lokasi tersebut.

  1. Pertahankan Citarasa Produk

Tips selanjutnya yang tak kalah penting agar bisnis fried chicken Anda sukses adalah citarasa yang enak dan kualitas pelayanan yang baik. Citarasa yang enak dan lezat, serta pelayanan yang baik dan ramah akan menjadi nilai tambah bagi usaha atau bisnis Anda.  Customer tidak akan segan untuk memberikan rekomendasi kepada relasi atau rekan lainnya mengenai citarasa fried chicken yang Anda miliki. 

Kendala Bisnis Fried Chicken

Menjamurnya bisnis fried chicken menjadi salah satu kendala di dalam bisnis yang akan Anda mulai. Pasalnya, dengan banyaknya penjual yang ada, maka persaingan bisnis semakin ketat, bahkan ada yang membuat persaingan tidak sehat. Umumnya persaingan bisnis akan mengacu pada citarasa produk dan harga pasar.

Menjalankan bisnis fried chicken sangat mudah dan menjanjikan. Apalagi fried chicken sangat mudah disajikan serta disukai oleh seluruh lapisan masyarakat bawah hingga atas. Anda perlu mempersiapkan peralatan dan bahan yang tepat untuk mendapatkan kualitas yang maksimal. 

Citarasa makanan akan sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis fried chicken. Selain itu, Anda juga harus gencar dan mengetahui sasaran promosi. Jika Anda memiliki produk berkualitas dan mengetahui sasaran promosi atau market, maka pelanggan akan datang dengan sendirinya. 

Sehingga usaha atau bisnis fried chicken Anda bisa sukses dan terus berkembang. Demikian pembahasan mengenai analisa bisnis fried chicken. Semoga membantu.

Share: