Anggaranusaha.com – Sajian ayam bakar menjadi salah satu makanan favorit penduduk Indonesia. Tidak hanya mempunyai cita rasa yang gurih. Akan tetapi, ayam bakar juga menjadi makanan yang cocok dalam cuaca apapun, dan di berbagai waktu. Oleh karena itu, kami akan merekomendasikan usaha ayam bakar yang bisa kamu lakukan jika kamu sedang menggeluti usaha tersebut.

Oleh karena itu, tak heran jika ayam bakar sangat mudah ditemui baik itu di rumah makan, restoran, hingga pedagang kaki lima pun banyak yang menjajakan masakan ini. Tak hanya disukai penduduk Indonesia, sajian ayam bakar juga mempunyai kandungan beraneka kadar gizi yang baik untuk tubuh.

Makanan ini juga sangat cocok untuk semua usia, termasuk anak-anak. Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang usaha ayam bakar yang banyak digeluti para pebisnis.

Rincian Modal Usaha Ayam Bakar

Memiliki cita rasa khas Nusantara, sajian ayam bakar terus menjadi masakan yang diburu rakyat. Disajikan bersama nasi uduk atau nasi biasa, kemudian ditambahkan lalapan dan sambal menjadi makanan yang enak untuk dikonsumsi. Tidak heran, usaha ayam bakar dari tahun ke tahun terus berkembang dan semakin banyak pelaku usahanya.

Akan tetapi, jika yang berminat menjalankan bisnis ini, tidak perlu khawatir dan cemas karena ketatnya persaingan usaha ayam bakar, hal yang harus diutamakan di dalam usaha ini adalah cita rasa ayam, kebersihan product, dan lokasi yang strategis.

1.      Modal peralatan

Alat bakar ayam

Rp. 600.000

Peralatan masak ( kompor , panci , sodet , tabung  gas dll )

Rp.2.000.000

Pеrаlаtаn untuk makan ( ріrіng , ѕеndоk , garpu , gelas dll )

Rp.1.000.000

Meja, kursi

Rp.1.500.000

Tenda

Rp.2.000.000

2.    Biaya Gaji Karyawan

Karyawan

Gaji Bulanan

Total Gaji

2 Karyawan Bagian Masak dan pramusaji

1.000.000 X 2

2.000.000

Keseluruhan modal : Rp.9.100.000

Pendapatan selama 1 bulan :

Penjualan ayam bakar dan nasi : 100 pangkas X Rp. 15.000 X 30 hari Rp. 45.000.000

Penjualan minuman : 100 gelas X Ep. 2.000 X 30 hari Rp.7.500.000

Keseluruhan penerimaan Rp. 53.500.000

Keuntungan selama 1 bulan. Keseluruhan penerimaan   : Rp. 53.500.000

Keseluruhan biaya operasional  : 43.100.000

Keuntungan  : Rp. 10.400.000

Tips Sukses Bisnis Ayam Bakar

Agar bisnis semakin sukses, maka kami akan memberikan tips yang bisa kamu lakukan pada bisnis ini. Berikut ini penjelasannya:

1.      Orientasi Pada Rasa

Tidak ada bisnis masakan yang bisa sukses bila sajian yang dihidangkan tidak unggul. Lidah tidak akan bohong dan ini penting untuk menjadi perhatian Kamu, karena daya dari bisnis masakan sadar terletak pada rasa yang ditawarkan.

Jadi hal pertama yang harus Kamu pastikan untuk sukses dengan bisnis ayam bakar bagaimana caranya menemukan resep dan teknik masak ayam bakar yang dapat menghadirkan rasa “Maknyuss”. Jаngаn luра jugа ѕоаl ѕаmbаl, lalapan dаn аnеkа ѕаjіаn реndаmріng lаіn.

2.    Memiliki Karakteristik Khas

Rasa ayam bakar yang enak, sambal yang nendang dan lalapan yang segar, kadang tak cukup membuat bisnis ayam bakar bisa bersaing dengan baik. Beberapa bisnis ayam bakar sengaja menghadirkan ayam bakar unik yang khas seperti ayam bakar taliwang, ayam bakar madu, ayam bakar bumbu padang dan sebagainya.

Rasa yang berbeda memberikan nilai lebih bagi bisnis ayam bakar Kamu. Tak hanya soal rasa, konsep warung makan yang unik, penyajian dengan nasi merah atau konsep penyajian yang bernuansa tradisional kadang bisa menjadi energi dari sajian ayam bakar Kamu.

3.    Nama yang Mudah Diingat

Ayam bakar merupakan suatu hidangan yang sangat general dan mudah ditemukan. Untuk itu penting menemukan bukti diri yang membuatnya mudah dikenal. Misalkan dengan penamaan yang unik, simple tetapi mudah diingat.

Masih ingat ide ayam bakar wong solo yang khas itu.  Pelekatan kata Solo memberi kesan sajian ayam bakar menggunakan bumbu ala jawa yang legit dan ini memberi bukti diri kuat bagi product.

4.    Melakukan Promosi

Tidak ada bisnis yang bisa bertahan dan sukses bila mengabaikan persoalan pemasaran dan promosi. Kamu yang menjalankan usaha ini dari skala kecil bisa memulai dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut ke beberapa rekan, kolega dan tetangga kira-kira Kamu. Beberapa pelaku bisnis ayam bakar menjaring konsumen dengan terhubung jalur informasi promosi via media sosial.

5.    Menjalin Kerjasama

Kebanyakan pelaku bisnis masakan berhasil mereguk sukses setelah mulai berani membangun kerjasama. Kerjasama sendiri bisa Kamu buka dengan banyak pihak, seperti dengan jasa travel agent untuk menyediakan ransum untuk rombongan wisata, dengan pihak event organizer yang disediakan untuk mengkonsumsi acara gathering, kerjasama dengan catering untuk mensuplai ayam bakar didalam sajian buffet dan masih banyak lagi.

Belakangan ada pula cara baru dalam mempromosikan melalui teknik kerjasama. Misalkan dengan menjadi narasumber artikel masakan bagi suatu situs masakan atau menjadi narasumber bagi situs usaha. Untuk itu kamu harus bisa mempromosikan bisnis agar bisa dijangkau oleh para konsumen.

Usaha ayam bakar adalah usaha yang memiliki prospek lumayan bagus karena mudah dan juga banyak diminati oleh banyak orang. Bagi kamu yang juga sedang ingin membangun sebuah usaha, mungkin kamu bisa mencoba untuk berbisnis ayam bakar ini.

Nah, itulah beberapa ulasan yang membahas tentang usaha ayam bakar dengan pemaparan dan rincian modal diatas semoga bisa membantu dalam melakukan bisnis ini.

Share: