Anggaranusaha.com – Usaha boba adalah jenis wirausaha yang sedang banyak masyarakat minati dalam beberapa tahun terakhir. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga memiliki prospek yang menjanjikan.

Seperti apa kiat memulai usaha ini dan berapa modal awal yang dibutuhkan? Yuk scroll ke bawah untuk penjelasan lengkapnya!

Rincian Modal Usaha Boba (Modal Awal dan Estimasi Pendapatan Perbulan)

Hal yang tidak kalah penting dan juga inti dari pembahasan kali ini adalah memiliki modal yang cukup. Tanpa modal yang cukup, pasti jadi penghalang Kamu untuk usaha ini.

Pada dasarnya, modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha es boba ini bermacam. Ada yang dari jutaan rupiah, puluhan juta rupiah, sampai ratusan juta rupiah. Berbagai harga itu juga ditentukan dari mana Kamu membangun usaha ini.

Umumnya, jika Kamu memilih membeli paket usaha franchise, modal yang dikeluarkan bisa mencapai puluhan apalagi ratusan juta rupiah. Beda halnya jika Kamu membangun usaha sendiri.

Nah, berikut rincian modal usaha es boba yang perlu Kamu keluarkan:

Investasi

Harga

Susu evaporasi 4 kaleng

Rp150.000

Minuman bubuk aneka rasa

Rp50.000

Black tea

Rp50.000

Cup plastik ukuran tengah 100 pcs

Rp80.000

Sedotan plastik 100 pcs

Rp300.000

Mesin sealer

Rp50.000

Plastik lid cup sealer

Rp50.000

Listrik dan lainnya

Rp20.000

Mesin sealer

Rp750.000

Plastik lid cup sealer

Rp36.000

Listrik dan lainnya

Rp200.000

Total

Rp 1.736.000,00

Dari rincian modal diatas, maka biaya yang perlu Kamu keluarkan adalah sebesar Rp1.736.000,00. Angka itu belum termasuk dengan peralatan lain yang dibutuhkan, gaji karyawan, sewa lokasi, stok menu, sampai biaya tak terduga lainnya.

Semisal kamu memiliki kesibukan dan punya budget lebih untuk menyewa tempat serta juga rekrut karyawan, mungkin rincian berikut bisa kamu tambahkan.

Biaya Operasional

Perhitungan

Harga

Sewa Gedung

Rp 500.000 x 12

Rp 6.000.000

Karyawan

Rp 700.000 x 3

Rp 2.100.000,00

Jumlah

Rp 8.100.000

Jadi Total modal yang dikeluarkan dari modal investasi boba dan juga biaya operasional adalah:

Rp1.736.000,00 + Rp8.100.000,00 = Rp9.836.000

Lalu bagaimana dengan omset yang didapat per bulannya? Umumnya, satu cup minuman boba ukuran normal dijual dengan harga mulai Rp10.000,00 untuk seluruh rasa dengan topping boba.

Jika di dalam sehari Kamu bisa mendapatkan Rp300.000,00 dari hasil penjualan minuman dan makanan, maka keuntungan yang Kamu dapatkan di dalam sebulan adalah:

  • 000,00 x 30 hari = Rp9.000.000,00

Lalu bagaimana dengan pendapatan setahun?

  • 000.000,00 x 12 bulan = Rp 108.000.000,00

Dalam jangka waktu satu bulan, Kamu sudah bisa balik modal dan mempunyai keuntungan per tahunnya sebesar Rp 108.000.000,00. Angka itu bisa saja berubah tergantung jumlah pendapatan yang Kamu menerima per bulannya.

Maka dari itu, dari konsep usaha boba yang menarik, Kamu bisa menyajikan banyak menu variatif dan menu pendukung lainnya seperti makanan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemasukan.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Boba

Perlu Kamu ketahui, Hampir seluruh minuman bisa diberi topping boba. Mulai dari minuman teh, susu, minuman hangat, sampai minuman segar macam jus bisa diberi topping boba. Masih Penasaran dengan usaha satu ini? Berikut adalah beberapa tips usaha minuman boba yang perlu Kamu ketahui.

1.      Buat Konsep Usaha

Cara memulai usaha es boba yang pertama adalah dengan membuat konsep usaha. Biasanya hal ini bisa kamu konsep dengan gaya usaha boba yang menarik. Bagaimana cara Kamu mengelola kedai minuman jadi daerah yang bisa mendatangkan pelanggan.

Apakah dengan konsep usaha dengan mengandalkan tempat nongkrong, kafe, atau takeaway? Lalu bagaimana dengan menunya. Cermati juga menu yang ditawarkan. Apakah Kamu hanya menyajikan minuman dengan topping boba saja, atau ada menu lainnya.

2.     Tentukan Lokasi Strategis

Jika Kamu ingin membangun usaha minuman populer ini, maka Kamu harus menyiapkan dan menentukan lokasi yang strategis. Ketika kamu bingung dengan pilihan konsep usaha boba yang menarik, kami sarankan Kamu memilih konsep daerah nongkrong untuk hangout.

Tips usaha minuman boba adalah dengan mencari lokasi yang punya taraf mobilitas yang tinggi dan ramai orang. Misalnya, dekat daerah kampus, perkantoran, atau di dalam mall. Tujuannya adalah agar kedai minuman Kamu mudah untuk dilirik.

3.     Sajikan Menu Variatif

Menyajikan menu yang variatif adalah tips usaha minuman boba berikutnya. Kamu bisa melakukan survey pada beberapa kompetitor berkaitan variasi menu ini. Umumnya, menu minuman boba yang paling populer adalah menu milk tea, brown sugar dan taro milk.

Nah, Kamu juga bisa menambahkan variasi rasa lain pada menu yang disajikan atau membuat penemuan baru yang belum dimiliki oleh kompetitor. Tak hanya menyajikan menu minuman, Kamu juga bisa menyajikan menu makanan.

4.     Cari Supplier Berkualitas

Cara selanjutnya adalah dengan mencari supplier berkualitas untuk mencukupi stok jualan Kamu. Tips usaha es boba yang perlu Kamu perhatikan adalah mencari supplier yang punya bahan dengan kualitas premium dan memiliki harga terjangkau.

Umumnya, bahan-bahan tambahan yang perlu ada adalah boba, sirup aneka rasa, es batu, air mineral, krim, gula, teh, topping lainnya yang diperlukan.

5.     Pertimbangkan Kompetitor

Satu lagi cara memulai bisnis minuman boba yang harus kamu perhatikan dengan seksama adalah dengan mempertimbangkan competitor yang sudah lebih dulu ada di lokasi kamu. Hal ini perlu diperhatikan sebab kini tren minuman boba sudah mencapai ke penjuru Indonesia. Kamu bisa menemukannya dengan mudah dimanapun.

Kamu bisa jalankan survey pada beberapa kompetitor lalu mengembangkan ide yang didapat. Tips membangun usaha es boba adalah dengan mencari keunggulan dan kekurangan kompetitor lalu kamu perbaiki kekurangan itu untuk mencari perhatian pelanggan.

Minuman boba merupakan suatu lini bisnis yang sangat menjanjikan. Mengapa demikian? Karena minuman boba ini bersifat manis dan juga memiliki banyak varian rasa.

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwasanya topping boba ini sangat cocok di campur pada hampir di berbagai jenis minuman. hal ini yang membuat boba menjadi salah satu minuman yang bisa dicapai oleh seluruh lapisan masyarakat.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui bagaimana tips dan juga rincian modal yang harus kita siapkan untuk memulai usaha boba ini, sudah mulai tertarik?

Share: