Anggaranusaha.com – Dalam menjalankan usaha kaos distro, Anda harus mengetahui rincian biaya usaha kaos distro. Mulai dari  pembukaan hingga perhitungan omset yang mungkin Anda dapatkan dari usaha tersebut. Seiring dengan perkembangan fashion, usaha kaos distro memang menjadi salah satu ladang bisnis yang cukup menjanjikan.

Distro sendiri merupakan usaha fashion yang menyediakan aneka kaos, celana, kemeja, jaket, topi, dompet, dan masih banyak lagi. Meskipun target pasar distro didominasi oleh anak muda, namun tidak menutup kemungkinan banyak orang dewasa yang mencari pakaian di distro demi tampil lebih casual dan keren.

Tips  Menjalankan Usaha Kaos Distro

Sebelum membahas tentang rincian biaya usaha kaos distro, Anda harus memahami terlebih dahulu tips dalam membangun distro dengan keuntungan yang besar. Maka yuk simak berikut ini!

1.      Persiapan Tempat

Siapkan tempat yang akan Anda gunakan untuk berusaha kaos distro. Apabila Anda tinggal di perkotaan, maka dapat menyewa lahan bangunan. Ukuran tempat yang akan diperlukan untuk usaha distro rata rata minimal 3 X 3 meter.

2.    Stock Produk

Anda harus mencari produsen atau distributor produk distro yang terpercaya dan memiliki kualitas yang bagus. Tidak hanya itu, Anda juga harus mencari produsen atau distributor yang mampu memberikan harga bersaing untuk produk yang akan dijual.

3.    Tentukan Harga Jual Pakaian Distro

Setelah mendapatkan barang untuk penyetok, kini saatnya Anda menentukan harga masing masing produk distro tersebut. Sangat disarankan untuk grand openingnya, jangan memberikan harga yang mahal. Karena Anda harus membangun kepercayaan dan citra pada customer bahwa usaha Anda mempunyai produk terbaik dan harga yang bersaing.

4.    Marketing

Sukses tidaknya sebuah usaha juga dipengaruhi oleh sistem marketing yang dijalankan. Maka dari itu, jangan ragu mempromosikan produk produk yang dimiliki. Anda bisa mempromosikan melalui pamflet, brosur, hingga di media sosial agar usaha Anda dikenal lebih luas.

5.    Selalu Lakukan Evaluasi

Tips yang terpenting yaitu selalu lakukan evaluasi mengenai sistem penjualan dan marketing pada usaha distro  Anda. Dengan begitu, semua kekurangan pada distro dapat diperbaiki pada kemudian hari. Untuk melakukan evaluasi sebaiknya dilaksanakan rutin di setiap bulannya agar lebih maksimal lagi.

Kisaran Biaya Modal dan Profit Usaha Kaos Distro

Mengetahui rincian anggaran usaha kaos distro sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha tersebut.

Pada rincian anggaran kali ini, ada berapa jumlah biaya yang dibutuhkan. Mulai dari modal awal hingga biaya operasional yang harus Anda perhitungkan. Nah, berikut ini kisaran modal serta profit dari usaha kaos distro

1.      Rincian Modal Awal atau Biaya Investasi

Sebelum memulai membuka usaha kaos distro, ada beberapa peralatan dan biaya bahan baku setiap per bulan yang perlu Anda siapkan. Modal awal yang dibutuhkan oleh semua usaha distro mencakup berikut ini:

Nama Barang

Harga

Produk Fashion Distro

Rp 5.000.000

Rak Lemari

Rp 2.000.000

Hanger

Rp 200.000

Mannequin

Rp 400.000

Meja dan Kursi Kasir

Rp 500.000

Speaker Musik

Rp 500.000

Biaya Promosi Awal

Rp 300.000

Papan Iklan Distro

Rp 300.000

TOTAL

Rp 9.200.000

2.    Biaya Operasional Bulanan

Berikut rincian biaya operasional per bulannya:

Jenis pengeluaran

Harga

Biaya Transportasi

Rp 200.000

Biaya Listrik dan Kebersihan

Rp 200.000

Sewa Lokasi

Rp 500.000

Biaya Lain lain

Rp 100.000

Jumlah Biaya Operasional Per Bulan

Rp 1.000.000

3.    Keuntungan Per Bulan

Anda juga bisa memperkirakan keuntungan yang Anda dapatkan dari usaha mie nyemek yang dijalani, jika sehari terjual 10 produk dengan harga masing masing sekitar Rp 75.000 dengan keuntungan yang diperoleh di setiap produknya sebesar 30%. Maka berikut adalahi perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan per bulan.

  • Keuntungan Kotor/Hari: Rp 10 Porsi x Rp75.500 = Rp 755.000
  • Keuntungan Kotor/Bulan: Rp. 755.000 x 30 hari= Rp 22.650.000
  • Keuntungan Bersih/Bulan: Rp 22.650.000 X 30% – Rp 1.000.000 = Rp 5.795.000

Catatan : Perhitungan diatas merupakan sebuah contoh saja, jadi silahkan sesuaikan dengan kondisi usaha Anda. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan rumus perhitungan diatas untuk menentukan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

 Itulah potensi pendapatan yang dapat Anda peroleh dalam menjalankan usaha kaos distro. Dengan potensi pasar yang sangat bagus, maka usaha distro dapat dijadikan sebuah lahan bisnis yang sangat menguntungkan.

Supaya bisnis fashion Anda semakin lancar, maka harus diperhatikan tips menjalankan usaha kaos distro dan rincian anggarannya agar perhitungan modalnya dapat dilakukan dengan baik dan benar. Demikian sedikit ulasan tentang rincian usaha kaos distro dengan bermodalkan 10 juta. Semoga bermanfaat dan selamat untuk mencobanya.

Share: