Usaha kentang spiral menjadi salah satu usaha sampingan yang bisa Anda jalankan untuk memanfaatkan waktu luang. Apalagi jajanan berbahan dasar kentang ini cukup digemari oleh hampir semua kalangan.

Baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa juga suka jajanan ini. Tak heran jika jajanan kentang spiral bisa ditemukan dengan mudah. Terutama di pusat perbelanjaan hingga taman hiburan.

Usaha Kentang Spiral Bisnis Menguntungkan dan Mudah

Kentang goreng spiral merupakan kentang yang dipotong ke dalam bentuk spiral lalu digoreng dan kemudian diberi bumbu beraneka rasa yang menggugah selera. Ide kuliner jalanan ini cukup menarik dan menggiurkan.

Pada dasarnya kentang spiral tidak jauh berbeda dengan kentang goreng, karena bahan utama dan cara membuatnya tidak terlalu berbeda. Namun perbedaannya bisa dilihat dari bentuknya yakni kentang spiral terbuat dari kentang utuh yang ditusuk dengan stik panjang lalu dibentuk memanjang atau spiral.

Lalu digoreng ke minyak panas untuk kemudian diberikan bumbu beraneka rasa seperti BBQ, Balado, Keju dan lain sebagainya. Setelah diberikan bumbu, kentang spiral juga bisa diberikan saos dan mayonaise.

Tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, kentang spiral juga memiliki tampilan yang menarik perhatian. Apalagi cita rasa gurih, garing dan pedas menjadikan jajanan ini disukai oleh banyak orang.

Selain itu, modal untuk menjalankan usaha kuliner ini juga terbilang cukup ringan. Anda hanya membutuhkan alat pemotong kentang spiral atau ulir ini, lalu kompor dan penggorengan, both cantik sebagai tempat jualan.

Bahan bakunya pun, terbilang mudah ditemukan yakni kentang. Anda bisa memilih kentang asli Dieng yang memang memiliki kualitas terbaik dan cocok dijadikan sebagai kentang spiral.

Peluang Usaha Kentang Spiral

Usaha ini cocok untuk usaha dekat streed food atau jajanan sore malam, di berbagai daerah usaha ini jarang diminati karena usaha ini memang laris karena viral waktu itu. tapi jika kita mampu memanfaatkannya dan memasarkan dengan berbagai varian rasa kita akan berpeluang besar mendapatkan keuntungan disana.

Rincian dan Analisis Modal Usaha Kentang Spiral

Untuk memulai usaha kentang spiral minimal modal yang harus kita keluarkan adalah 10 juta, itupun biaya standar seperti gerobak, perlatan memasak dan bahan baku untuk satu bulan. untuk rinciannya adalah sebagai berikut

BothRp 2.500.000
Mesin Kentang SpiralRp 800.000
Kompor Gas dan PenggorenganRp 500.000
Botol Bumbu 20 Botol x Rp 10.000Rp 200.000
Total Biaya Investasi AwalRp 3.650.000

Peralatan akan mengalami penyusutan dalam lima tahun dan berikut adalah perhitungan biaya penyusutan.

5 tahun = 60 bulan

Biaya Penyusutan = Rp 3.650.00 : 60 = Rp 61.000

Biaya Operasional Per Bulan

Bahan Baku

Kentang 300 Kg (1 kg = Rp. 15.000)Rp 4.500.000
Bumbu beraneka rasaRp 500.000
Minyak goreng dan tabung gasRp 500.000
Kemasan ProdukRp 300.000
Biaya sewa tempatRp 600.000
Biaya penyusutanRp 133.000
Total biaya operasional per bulanRp 6.533.000

Omzet Perbulan Usaha Kentang Spiral

Penjualan Per Hari
Rp 15.000 x 20 bungkusRp 300.000
Omzet Per bulan atau Laba Kotor
Rp 375.000 x 30Rp 9.000.000

Perhitungan Laba Bersih

Laba Kotor – Biaya Operasional Per Bulan = Laba Bersih

Rp 9.000.000 – Rp 6.533.000 = Rp 2.467.000

Perhitungan ROI (Return of Investment)

Modal Awal : Laba Bersih = ROI

Rp 3.650.000 : Rp 2.467.000 = 1,5 Bulan

Resiko Usaha Kentang Spiral

Untuk memulai bisnis ini memang tidak terlalu sulit dan membutuhkan banyak modal usaha. Namun perlu Anda tahu, jika usaha ini juga memiliki beberapa resiko yang harus Anda pahami.

Resiko pertama yang akan sering Anda hadapi nantinya adalah harga kentang yang selalu naik turun. Hal ini tentu akan mempengaruhi bisnis dan pendapatan Anda. Apalagi untuk membuat kentang spiral membutuhkan kentang dengan jenis terbaik dan berkualitas. Sehingga tidak bisa menggunakan sembarang kentang.

Biasanya kentang asli Dieng sangat cocok digunakan sebagai bahan baku membuat kentang spiral. Namun sayangnya, harga kentang juga terus mengalami perubahan dan tidak pasti.

Selain itu, resiko lain yang sudah pasti Anda hadapi adalah persaingan bisnis yang semakin tajam. Karena kentang spiral yang sedang viral ini bisa Anda temukan di mana saja. Both penjualan kentang spiral juga tersebar di berbagai tempat.

Tips Usaha Kentang Spiral yang Sedang Viral

Bisnis kentang spiral atau kentang ulir memang cukup viral belakangan ini, hal ini dibuktikan dari banyaknya both penjual kentang spiral yang bisa dengan mudah Anda temukan.

Nah, untuk itu Anda bisa simak beberapa tips menjalankan bisnis kentang spiral berikut ini:

1. Memilih Bahan Baku yang Tepat

Memang pada dasarnya bahan utama membuat kentang spiral adalah kentang. Namun ternyata kentang yang digunakan bukan sembarang kentang. Karena nantinya kentang akan dibentuk spiral sehingga membutuhkan kentang dengan ukuran besar agar bisa dibentuk spiral panjang.

Selain itu, pilihlah kentang berkualitas tinggi agar bisa memberikan tekstur renyah dan gurih.

2. Pemilihan Tempat Usaha

Pilihlah lokasi usaha yang strategis yang terletak di pusat keramaian seperti mall atau taman hiburan. Anda juga bisa mencari lokasi yang dekat dengan sekolah atau di kantin sekolah.

Dengan begitu, Anda harus menyediakan biaya untuk menyewa tempat usaha sehingga nantinya akan mempengaruhi harga jual dari produk yang Anda miliki.

Anda juga bisa berjualan di depan rumah jika lokasi rumah Anda berada di pinggir jalan dan sering dilewati oleh banyak orang. Hal ini memang lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu keluar biaya untuk sewa tempat.

3. Melakukan Promosi

Promosi merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis atau usaha. Sama halnya dengan bisnis kentang spiral, pastinya Anda harus memiliki strategi marketing yang tepat.

Mulai dari membuat spandung dan both dengan berbagai desain yang cantik dan menarik perhatian. Namun Anda juga bisa melakukan promosi secara gratis dengan memanfaatkan sosial media.

Anda juga bisa bergabung dengan berbagai layanan makanan pesan antar untuk memperluas area penjualan.

Nah, itulah analisa usaha kentang spiral yang cukup menjanjikan sebagai sampingan karena bisa mendatangkan keuntungan dengan modal usaha yang tidak terlalu besar. Namun meski begitu, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, salah satunya adalah promosi dan kualitas produk.

Share: