Usaha kosmetik rumahan – Usaha toko kosmetik sangatlah cocok dimulai bagi ibu rumah tangga atau bagi kita yang punya salon kecantikan. Karena selain usaha ini memang punya trend permintaan yang terus naik usaha ini juga bisa menyesuaikan modal yang kita punya. Selain usaha kosmetik sederhana ini bisa dipakai usaha sampingan, usaha ini termasuk flexible karena kita bisa menjalankan usaha ini bersama usaha yang lain. seperti usaha salon kecantikan.

Usaha kosmetik rumahan adalah usaha dimana kita berjualan berbagai alat kecantikan yang usaha tersebut menjadi satu dengan rumah kita. Kita bisa melakukan modifikasi rumah agar cocok untuk usaha ini.

Sebelum membahas rincian modal dan Analisa usahanya, sebaiknya Kita mengetahui peluang usaha memulai usaha Kosmetik rumahan yang akan dibahas pada penjelasan di bawah ini!

Peluang Usaha Kosmetik rumahan

Usaha kosmetik rumahan punya peluang yang besar, dilihat dari pertumbuhan akan permintaan kosmetik yang terus naik usaha ini bisa dibilang punya masa depan sangat cerah. apalagi dijaman sekarang kita bisa dengan mudah menjadi reseller berbagai merk produk dan alat kecantikan. kita bisa memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia dan shoope menjadi tempat jualan online juga.

Untuk mendukung usaha tersebut kita juga bisa menjual melalui tiktok dan fb short dimana orang lain yang memulai usaha ini pun sudah banyak yang memakai tiktok dan fb untuk memasarkan produk mereka.

Langkah dan Tips Memulai Usaha Kosmetik rumahan Agar laris

Dalam membuka usaha Kosmetik rumahan, tentunya ada beberapa hal penting yang harus Kita perhatikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan disini antara lain adalah mengenai target pasar, strategi promosi, dan produk yang pasti laku untuk dijual.

1.  Target pasar

Target pasar kita adalah tergantung modal dan nantinya akan berlanjut ke merk yang kita jual. Contohnya jika modal kita di bawah 10 juta maka merk produk yang kita jual adalah merk kosmetik lokal. Tapi jika modal kita besar kita bisa menjual produk kosmetik ekspor.

2. Strategi Promosi yang Efektif

Selain kita menjual melalui melalui market place kita juga harus mempromosikan produk kita. Pastinya kita memakai youtube short, Instagram dan tiktok.

3. Menjual produk yang pasti laku

Merk produk atau alat sebaiknya kita jangan menjual yang belum dikenal orang. Contoh merk lokal baru. Di era sekarang untuk menjadi reseler alat kecantikan bisa dilakukan dengan mudah.

Kita sebenarnya tidak perlu meriset produk-produk kosmetik secara detail. Kita bisa dengan mudah melihat penjualan terbanyak suatu merk lalu membuka web produk tersebut dan mendaftar menjadi reseler.

Untuk merk yang kita jual nanti karena kita modal kecil sebaiknya dibatasi menjual 5-6 jenis merk saja.

4. Memberi nilai lebih

Meski tidak diwajibkan kita bisa memberikan nilai lebih pada produk kita seperti memberikan tas kantung merk toko kita. Meski Cuma toko kosmetik rumahan, tas atau souvenir lain akan membuat konsumen kita terus akan membeli di toko kita nantinya,

5. Mendaftar di marketplace

Mendaftarkan toko kita di marketplace untuk produk kecantikan adalah kewajiban. Karena setidaknya 80% penjualan kita dari marketplace. Marketplace yang cocok adalah shoope dan tokopedia.

6. Memaksimalkan pelayanan

Pelayan dari konsumen untuk produk kosmetik akan selalu ada, kita harus memberikan pelayanan yang terbaik seperti membalas cepat chat dan kita harus juga mengerti produk yang kita jual.

Biaya Modal dan Profit Usaha Kosmetik rumahan

Berapa modal usaha kosmetik rumahan? Modal usaha ini sebenarnya bisa kita mulai dengan 10 juta kita modal terbesarnya adalah pembelian produk dan alat kecantikan. Berikut rincian modal usaha kosmetik rumahan.

1.      Rincian Modal Awal atau Biaya Investasi

Sebelum memulai membuka usaha Kosmetik rumahan, ada beberapa peralatan dan biaya bahan baku setiap per bulan yang perlu Kita siapkan. Berikut ini adalah estimasinya:

Peralatan Usaha Kosmetik rumahan

Nama BarangJumlahHarga
Etalase kaca1 Unit1.000.000
Printer struk1 unit300.000
Renovasi1 lot1.000.000
TOTAL2.300.000

 

Contoh Produk yang kita jual

Nama BarangJumlahHarga
5 merk Sabun Pemutih berbagai20 pcsRp 700.000
5 merk pemutih wajah 5 merk20 pcsRp 700,000
5 merk Sabun Muka20 pcsRp. 400.000
5 merk serum muka20 pcsRp 2.000.000
5 merk eyes series20 pcsRp. 1.600.000
5 merk shampo20 pcsRp. 2.000.000
JumlahRp 7.400.000

 

2.    Keuntungan Per Bulan dari usaha Kosmetik rumahan

kita juga bisa memperkirakan omset yang kita dapatkan dari usaha Kosmetik rumahan yang dijalani nantinya, biasanya toko kosmetik online menjual harga dengan mengambil keuntungan 10%. Menurut berbagai sumber toko kosmetik pemula biasanya hanya mendapat 10-15 penjualan produk atau mencapai penjualan 1 juta perhari. Kita bisa mengestimasi keuntungan kita perhari sebagai berikut:

  • Keuntungan Kotor/Hari: Rp. 1.000.000
  • Keuntungan Bersih/Hari: 1.000.000*90% = Rp. 90.000
  • Keuntungan Bersih/Bulan: 90.000 x 30 = Rp 2.700.000

Catatan : Perhitungan diatas merupakan sebuah contoh perhitungan perkiraan jika kita bisa atau mampu menjual 10-15 produk perhari. Dengan 10-15 atau 1 juta rupiah perkiraan kitab bisa menghasilkan kentungan 10% atau sekitar 90 ribu perhari dari produk yang kita jual.

Dari usaha Kosmetik rumahan ini dengan keuntungan 90.000 perharinya kita akan bisa balik modal dalam 3-4 bulan.

Resiko Usaha Kosmetik Rumahan

Meskipun peluang dan masa depan yang cerah jika toko kita sudah punya nama meski Cuma sekedar toko kosmetik rumahan, banyaknya pesaing akan membuat kita harus berjuang mempromosikan toko kita.

Ongkir dari supplier juga harus diperhatikan karena jika terlalu jauh maka biaya ongkos kirimnya juga akan berpengaruh ke keuntungan penjualan kita nanti.

Penutup

Supaya bisnis kosmetik kita semakin lancar, maka harus diperhatikan tips memulai usaha Kosmetik rumahan dan rincian modal agar perhitungan modalnya dapat dilakukan dengan tepat selain itu resiko usaha ini juga sangat tinggi jika tidak laku dan harga yang kita patok terlalu mahal. Setelah melihat ulasan di atas semoga dapat menginspirasi Kita dalam berjualan atau usaha Kosmetik rumahan. Semoga bermanfaat dan selamat untuk mencobanya.

Share: