Biasanya di setiap pernikahan selalu ada souvenir yang unik bagi setiap tamu undangan yang hadir. Bentuknya tak selalu harus mewah, benda sederhana pun bisa menjadi souvenir. Ini bisa jadi ladang bisnis loh! Mau tahu rincian modal souvenir pernikahan modal 20 juta?

Bentuknya yang sederhana bisa dibilang sebagai wujud terima kasih kepada para tamu undangan atas kehadirannya. Souvenir juga bisa menjadi pengingat atau kenang-kenangan acara, oleh karena itu sering dicantumkan tanggal dan inisial nama pengantinnya.

Usaha souvenir pernikahan termasuk jenis usaha yang tak lekang oleh waktu, permintaannya selalu meningkat. Tak heran jika peluang bisnisnya pun cukup menjanjikan, mau coba usaha souvenir pernikahan?

Peluang Bisnis Souvenir Pernikahan Modal 20 Juta

Setelah masa pandemi berlalu, masyarakat diizinkan untuk mengadakan pesta pernikahan yang terbilang meriah. Tentu saja ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang ingin memulai bisnis souvenir pernikahan.

Kalau sudah mendekati musim pernikahan, seperti pada bulan syawal atau lebaran idul adha biasanya banyak orang mengadakan pesta pernikahan. Anda bisa memasarkannya hingga ke luar daerah, keuntungan yang diperoleh tentu akan berkali lipat.

Peluang usaha souvenir ini jangan dianggap remeh, Anda hanya perlu menemukan supplier barang-barang souvenir terpercaya. Selain itu dari segi harganya harus lebih miring agar harga jual ke konsumen di bawah pasaran.

Memang permintaan souvenir pernikahan hanya datang dalam suatu momen tertentu saja, namun sekali pesanan bisa mencapai ratusan bahkan ribuan jumlah souvenirnya. Bisa Anda bayangkan berapa jumlah keuntungan yang diperoleh dari setiap pesanan yang datang?

Tak dipungkiri bahwa bisnis souvenir pernikahan diminati oleh banyak orang, bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini maka lanjutkan membaca artikel sampai bawah ya!

Rincian Modal Souvenir Pernikahan Modal 20 Juta

Peluang bisnis souvenir pernikahan terbilang sangat menjanjikan hingga banyak orang tertarik menekuni bisnis tersebut. Jangan khawatir, peluangnya masih terbuka lebar dan menguntungkan siapa pun pelaku usahanya.

Bisnis yang bergelut dengan pernak-pernik olahan souvenir ini memiliki prospek dalam jangka panjang. Bisnis souvenir pernikahan telah ada sejak dulu dan terus tumbuh hingga sekarang, tak pernah sepi akan permintaan.

Jenis Pengeluaran

Harga (Rp)

Meja Kursi

1.800.000

Komputer atau Laptop

3.500.000

ATK

250.000

Peralatan lainnya

2.000.000

Modal investasi totalnya Rp. 7.550.000, ini sifatnya dikeluarkan di awal, dimana setelah bisnis berjalan tidak akan terlalu banyak mengeluarkan anggaran untuk modal investasi.

  • Biaya Operasional

Jenis Pengeluaran

Harga (Rp)

Kertas

1.100.000

Bahan Souvenir

5.000.000

Plastik Packing

1.600.000

Box Kayu

1.500.000

Kain Flanel, kertas emas

500.000

Kain Perca

500.000

Air, listrik

700.000

Bicara biaya operasional totalnya 10.900.000, Anda bisa memasukkan semua item sesuai kebutuhan atau bisnis souvenir yang Anda jalankan. Dengan begitu relatif menyesuaikan kembali agar bisnis dapat memberikan keuntungan besar.

Estimasi Keuntungan Souvenir Pernikahan Modal 20 Juta

Pada tahap ini, estimasi keuntungan bisa dihitung secara kasar per bulan untuk memudahkan Anda hitung-hitungan. Namun jangan lupa juga untuk memaksimalkan pemasaran sehingga keuntungan bisa semakin besar.

Anggaplah Anda memiliki 50 macam souvenir, dimana per bulan dari 3 macam souvenir bisa tembus 3000 buah.

Itu berarti 3 x 3000 buah x Rp. 2.000 = Rp. 19.000.000

Lalu berapa keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis souvenir pernikahan ini?

Dari Rp. 19.000.000 – 10.900.000 = Rp. 8.100.000

Dari keuntungan Rp. 8.100.000, Anda bisa menyisihkan uang agar bisa balik modal terutama modal investasi awal. Misalnya saja Anda membutuhkan waktu 3 bulan agar modal investasi bisa balik, maka total 7.550.000 : 3 bulan. Itu artinya keuntungan 8.100.000 masih harus dikurangi dengan biaya penyusutan modal investasi setiap bulannya.

Selain itu, jika Anda memiliki karyawan maka bisa menguranginya juga untuk gaji karyawan. Sesuaikan setiap pengeluaran dengan kebutuhan Anda sendiri, hitung-hitungan kasar di atas masih bisa disesuaikan oleh setiap pelaku usaha.

Dari analisa diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis souvenir pernikahan memang sangat menguntungkan. Beberapa pelaku usaha di bidang ini telah membuktikan keberhasilannya hingga sukses.

Tips Sukses Bisnis Souvenir Pernikahan Modal 20 Juta

Bisnis souvenir pernikahan modal 20 juta bisa Anda jalankan sebagai bisnis rumahan dengan modal yang terjangkau. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis ini?

  • Carilah supplier terpercaya

Untuk mempersiapkan produk yang beragam, carilah beberapa supplier terpercaya atau produsen souvenir pernikahan. Buatlah kerjasama dengan supplier atau produsen tersebut, sebagai awalan Anda tidak perlu langsung membeli dalam jumlah banyak, bisa beberapa produk saja sebagai sampelnya.

Tenang! Banyak pengrajin atau produsen yang terbuka untuk menjalin kerjasama seperti itu sampai-sampai memberikan foto produk yang siap pakai.

  • Siapkan Bisnis Plan

Mau bisnis online maupun offline, bisnis plan tetap harus Anda buat agar tahu kemana arah bisnis tersebut akan Anda jalankan. Bisnis plan juga penting agar terus bertumbuh dan menghasilkan banyak keuntungan.

  • Produk unik dan beragam

Ini fungsinya mencari beberapa supplier terpercaya, yakni agar mendapatkan produk yang unik dan beragam. Banyak pasangan calon pengantin yang menginginkan souvenir pernikahan unik agar memberikan kenang-kenangan indah.

Tentu saja setiap orang memiliki keinginan dan selera yang berbeda, oleh karena itu Anda harus menyediakan pilihan yang beragam. Dengan pilihan yang beragam itu juga memperbesar peluang terjadinya penjualan.

  • Pangsa pasar

Menentukan pangsa pasar juga sangat penting agar produk bisa masuk ke konsumen yang sesuai, pilih pasar high class atau low class? Kedua target pasar ini tidak bisa dicampur, Anda harus memilih mau main di kelas yang mana?

Kelas atas dengan harga mahal, namun penjualan relatif lambat. Sebaliknya kelas bawah harga murah, perputaran penjualannya relatif lebih cepat.

  • Pastikan pelayanan ramah

Ini terbukti ampuh! Untuk mendapatkan konsumen, bisnis apapun yang Anda jalankan harus menerapkan pelayanan yang ramah. Apalagi bisnis souvenir pernikahan,  memberikan pelayanan yang ramah bisa menjadi kuncinya.

Konsumen Anda akan merekomendasikan ke teman atau saudaranya yang belum menikah untuk membeli souvenir pernikahannya dari Anda saja. Tentunya ini merupakan promosi secara tidak langsung kan?

Jangan tunggu lama untuk memulai bisnis souvenir pernikahan modal 20 juta ini! Segera action sebelum digarap orang lain, dengan peluang yang besar Anda berkesempatan untuk bisa sukses juga!

Share: