Apakah Anda salah satu pecinta hewan yang ingin mencari uang tambahan dari hobi? Jika iya, membuka bisnis Pet Shop adalah pilihan tepat. Tidak hanya menjual makanan dan mainan hewan, usaha Pet Shop juga bisa menjadi sebuah sarana untuk membangun komunitas pecinta hewan.

Menilik Keuntungan Dari Usaha Pet Shop

Dengan semakin banyaknya orang memelihara hewan peliharaan, kebutuhan medis, pangan, aksesoris  hewan pun juga semakin meningkat tajam.

Peluang untuk omzetnya pun cukup menjanjikan, apalagi jika Anda menyediakan layanan lengkap seperti grooming, penitipan hewan, dan dokter hewan.

Bayangkan saja, misalnya dalam satu bulan Anda melayani 60 ekor hewan untuk grooming dengan rate harga per ekor yaitu Rp 70.000,-. Maka jika dikalkulasikan, dalam satu bulan Anda dapat menghasilkan Rp 4.200.000,- itu pun hanya dari grooming saja.

Keuntungan ini belum dari jasa lain serta produk-produk yang dijual. Terlebih lagi jika Anda berhasil mendekati atau membuat komunitas pecinta hewan, maka kesempatan untuk menarik banyak keuntungan pun akan semakin terbuka lebar.

Lantas bagaimana tips untuk memulai usaha Pet Shop sendiri? Nah, untuk itu simak ulasannya di artikel berikut.

Enam Tips Memulai Usaha Pet Shop

Sebelum memulai usaha pet shop, sebaiknya terapkan beberapa tips di bawah ini agar tidak salah langkah:

1.      Tentukan Lokasi Usaha Pet Shop Anda

Lokasi adalah kunci utama dari kesuksesan usaha kita apapun jenisnya. Sama dengan bisnis lain, lokasi yang dipilih harus strategis, mudah dijangkau dan pastinya kondusif. Apalagi jika Anda membuka jasa penitipan hewan yang mana lokasinya memang harus tenang dan agar hewan tidak mudah stres.

2.    Tentukan Jenis Layanan

Usaha Pet Shop tidak hanya sebatas melayani untuk hewan kucing dan anjing saja, melainkan juga jenis hewan peliharaan yang lainnya. Jadi pastikan bahwa pet shop yang Anda kelola melayani perawatan untuk berbagai jenis hewan atau one stop service.

Untuk jenis perawatannya juga harus bervariasi mulai jasa titip, jual beli hewan secara legal, layanan kesehatan, Kuala perlengkapan hewan hingga salon hewan.

3.    Mengurus Izin Usaha

Tips ketiga adalah mengurus izin usaha untuk menjamin legalitas dari usaha Anda. Surat perizinan ini juga bertujuan untuk menghindari adanya konflik dan menghargai warga sekitar, agar dapat saling menerima keberadaan satu sama lainnya.

Hal ini dilakukan karena tidak semua orang bisa nyaman dengan keberadaan hewan peliharaan di dekat rumah mereka. Anda bisa mengajukan surat izin permohonan kepada dinas kota, dengan begitu Anda akan semakin aman dan nyaman dalam membuka usaha Pet Shop.

4.    Cari Caretaker dan Veternian Terpercaya

Membuka usaha Pet Shop memang tidak mudah, Anda perlu membutuhkan tenaga ahli seperti veterinarian (dokter hewan) dan caretaker (perawat hewan). Dengan adanya tenaga ahli, akan menambah pamor toko Pet Shop Anda. Peran tenaga ahli dalam Pet Shop dapat membantu Anda menjaga kesehatan hewan yang dititipkan.

5.    Bangun Komunitas Bersama Pecinta Hewan

Perlu Anda ketahui, bahwa usaha Pet Shop juga membutuhkan komunitas untuk berkembang. Caranya dengan melakukan promosi, seperti memberikan layanan khusus untuk komunitas lainnya, dan terlibat dalam berbagai event yang diselenggarakan banyak komunitas.

6.    Berbagi Edukasi

Calon pembeli hewan peliharaan umumnya sangat minim pengetahuan mengenai cara merawat hewan yang baik dan benar. Anda bisa memberitahu proses merawat hewan peliharan yang diterapkan di toko Pet Shop milik Anda.

Selain itu Anda juga dapat mengedukasi atau berbagi ilmu cara merawat hewan peliharaan di media sosial yang dimiliki. Selain bermanfaat untuk si pelanggan, cara ini juga bisa menaikkan branding dari pet shop yang Anda kelola. Orang juga akan merasa bahwa usaha Anda memang memiliki kualitas terbaik dari segi layanan.

Untuk membuka usaha Pet Shop, Anda harus mengetahui rincian anggaran usaha terlebih dahulu. Karena Anda dapat mengira ngira biaya yang akan dikeluarkan untuk usaha Pet Shop. Nah, berikut ini kisaran modal serta profit dari usaha Pet Shop.

1.      Rincian Modal Awal atau Biaya Investasi

Sebelum memulai membuka usaha Pet Shop, ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan. Berikut ini rinciannya:

Nama Barang

Harga

Kandang

Rp 3.000.000

Etalase Kaca

Rp 2.500.000

Makanan Hewan Untuk Dijual

Rp 5.000.000

Perlengkapan Mandi Untuk Dijual

Rp 1.500.000

Aksesoris Untuk Dijual

Rp 500.000

Perlengkapan Tambahan Lain lain

Rp 500.000

Total

Rp 13.000.000

2.    Biaya Operasional Bulanan

Selain menghitung modal awal, Anda juga harus memikirkan biaya operasional bulanan. Berikut ini rincian kisaran biaya operasional bulanan :

Jenis pengeluaran

Harga

Karyawan 2 Orang (Non-Veterinarian)

Rp 2.200.000

Makanan Hewan Yang Dititipkan

Rp 2.000.000

Bahan Perawatan Hewan Yang Dititipkan

Rp 3.000.000

Sewa Lokasi

Rp 500.000

Biaya Lain lain

Rp 300.000

Jumlah Biaya Operasional Per Bulan

Rp 8.000.000

3.    Keuntungan Per Bulan

Anda juga bisa memperkirakan keuntungan yang Anda dapatkan dari usaha Pet Shop yang dijalani. Anda bisa membuat perkiraan misalkan sebulan ada:

  • Penitipan Hewan : 60 hewan x Rp 47.000 = Rp 2.820.000
  • Grooming : 90 hewan x Rp 70.000 = Rp 5.670.000
  • Profit Penjualan Makanan Hewan : Rp 1.800.000
  • Profit Penjualan Aksesoris dan dll : Rp 1.700.00
  • Total Keuntungan Kotor/Bulan : Rp 11.990.000.
  • Total Keuntungan Bersih/Bulan : Rp 11.990.000 – Rp 8.000.000 = Rp 3.990.000
  • Break Event Point : Rp 13.000.000 / Rp 3.990.000 = 3,25 Bulan atau 4 Bulan Anda akan balik modal.

Catatan : Contoh diatas adalah  sebuah perhitungan saja, silahkan sesuaikan dengan kondisi tempat usaha Anda. Namun, Anda bisa menggunakan rumus perhitungan ini untuk menentukan besarnya keuntungan yang Anda peroleh setiap bulannya.

Itu dia rincian anggaran usaha Pet Shop dengan modal kisaran 20 Juta. Perhitungan modal ini sifatnya tidak tetap karena bisa saja lebih dari atau kurang dari modal diatas.

Semua tergantung pada strategi Anda dalam mengelola usaha ini. Jika ingin menawarkan jasa yang lebih lengkap, maka harus siap modal yang lebih juga. Bagaimana tertarik untuk mencoba peruntungan di bisnis pet shop?

 

Share: