Kata siapa membuka usaha kelontong itu tidak menjanjikan? Justru, usaha inilah yang terbilang kuat menghadapi berbagai kendala, termasuk pandemi covid-19 sekalipun. Usaha Warung Kelontong Modal 20 Juta bisa mendatangkan keuntungan yang stabil.

Barang yang dijual di warung kelontong biasanya selalu dicari masyarakat bahkan merupakan kebutuhan sehari-hari. Tidak sulit untuk mendatangkan pelanggan, Anda bisa membuka warung kelontong dengan cukup mudah.

Tertarik untuk mendapatkan ulasan mengenai rincian usaha warung kelontong? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Peluang Usaha Warung Kelontong

Produk yang dijual di warung kelontong biasanya kebutuhan sehari-hari seperti beras, telur, terigu, susu, minyak goreng, gula dan lainnya. Di beberapa warung kelontong bahkan produknya lebih lengkap dibandingkan usaha sembako.

Tak menutup kemungkinan juga ketika Anda membuka usaha warung kelontong bisa menggunakan konsep minimarket. Ini berarti usaha Anda sedikit lebih modern dan tampak keren dengan tetap memberikan keuntungan.

Dengan konsep seperti minimarket, setiap pelanggan bisa mengambil barang yang diinginkannya. Peluang usaha warung kelontong masih terbilang menjanjikan karena modal usahanya cukup terjangkau dan merupakan jenis bisnis yang tak kenal musim.

Selain itu, target pasar dari usaha warung kelontong masih luas dan jenis barang dagangannya cepat laku. Apalagi jika Anda bisa membuka warung kelontong dengan menerapkan harga grosir, dijamin memiliki pelanggan setia terutama untuk penjual-penjual kecil lainnya.

Rincian Modal Usaha Warung Kelontong

Jika modal yang tersedianya Rp. 20.000.000 maka Anda memiliki sedikit keleluasaan untuk mengalokasikannya ke berbagai kebutuhan dan barang dagangan. Ada pembagian alokasi dari modal Rp. 20 juta itu, di antaranya:

1.      Rincian modal pertama untuk investasi

Misalnya Anda sudah memiliki toko sendiri, berarti tidak perlu mengeluarkan biaya sewa. Atau bisa juga Anda membuka usaha warung kelontongan dari rumah sendiri. Maka rincian modal investasi usaha warung kelontongnya seperti berikut ini.

Jenis Pengeluaran

Jumlah

Renovasi Warung Kelontong

Rp. 2.000.000

Rak dan Etalase Kaca

Rp. 1.500.000

Meja dan perlengkapan

Rp. 1.500.000

Jumlah di atas masih bisa disesuaikan kembali sesuai kebutuhan dan praktik di Lapangan, terutama perbedaan dalam menentukan budget-nya.

2.    Biaya Operasional

Setelah modal investasi, lanjut ke bagian biaya operasional per bulan untuk usaha warung kelontong modal 20 juta.

Ada biaya operasional yang perlu ditanggung seiring berjalannya usaha warung kelontong untuk setiap bulannya. Tagihan listrik atau token, keperluan transportasi dan kebutuhan operasional lainnya.

Jenis Pengeluaran

Jumlah

Biaya Listrik per Bulan

Rp. 150.000

Biaya Operasional Lain-lain

Rp. 350.000

Dana Darurat

Rp. 200.000

3.    Modal untuk Barang Dagangan

Selanjutnya menentukan modal untuk barang dagangan, maka Anda perlu menghitung total dari kedua hal di atas. Modal awal ditambah modal investasi dan biaya operasional berjumlah Rp. 5.350.000, sehingga sisa modalnya adalah Rp. 14.650.000.

Dengan uang yang tersisa, Anda bisa menggunakannya untuk membeli barang dagangan langsung dalam jumlah besar.

  • Beras
  • Minyak Goreng
  • Gula Pasir
  • Bumbu masakan
  • Sabun mandi
  • Mie instan
  • Terigu

Asumsikan bahwa modal Rp. 14 juta bisa cepat kembali untuk setelah barang-barang tersebut habis terjual. Beli kembali barang dagangan dengan jumlah modal yang sama agar perputaran modalnya bisa lebih banyak pada bulan pertama.

Estimasi Keuntungan Yang Bisa Diperoleh

Setelah mengetahui rincian usaha warung kelontongb modal 20 juta, Anda bisa memperhatikan hitungan keuntungan per bulan yang mungkin Anda hasilkan. Misalnya, keuntungan atau profit margin-nya sebesar 10% untuk setiap satu kali perputaran modal.

Berikut ini perhitungan untuk gambaran profitnya, yaitu:

Rp. 14.000.0000 x 10% x 4 kali perputaran modal: Rp. 5.860.000

Ini merupakan profitny, maka Rp. 5.860.0000 – Rp. 350.000 = Rp. 5.510.000

Dari perhitungan di atas, maka laba bersih yang mungkin Anda peroleh setelah dikurangi biaya operasional adalah Rp. 5.510.000. Tak perlu khawatir bahwa usaha warung kelontong modal 20 juta bisa berhasil bahkan menjadi groceries.

Langkah Awal Membuka Usaha Warung Kelontong

Beberapa langkah awal ini bisa membuka toko kelontong modal 20 juta dengan rincian produknya yang lengkap.

1.      Pilih lokasi yang strategis

Pemilihan lokasi strategis merupakan langkah awal untuk membuka warung kelontong agar mudah mendapatkan pelanggan.

Tak ada salahnya jika sudah memiliki modal besar, Anda bisa mencari lokasi yang posisinya lebih strategis.

2.    Tentukan target pasar yang tepat

Perhatikan keadaan sekitar atau keadaan tempat untuk membuka usaha warung kelontong milik Anda.

Lihat pangsa pasarnya, apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan yang belum ada disana. Agar informasi harganya lebih valid, Anda bisa mengambil gambar dan mendokumentasikan harga pasar dari Toko Kelontong lainnya.

3.    Temukan distributor yang tepat

Tepat disini artinya Anda mendapatkan harga yang layak untuk menjualnya kembali. Dengan begitu Anda akan mendapatkan profit yang lebih tinggi  dari usaha warung kelontong satu ini.

4.    Maksimalkan pelayanan

Selain harganya yang murah, Anda juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. Pelayanan menjadi salah satu hal yang penting agar pelanggan bisa lebih setia terhadap usaha warung kelontong Anda.

5.    Buat rincian barang yang dibutuhkan

Untuk memulai usaha warung kelontong, sebaiknya Anda mendata terlebih dahulu barang dagangan yang perlu dibeli. Dengan membuat rinciannya terlebih dahulu, Anda akan memiliki gambaran apa saja yang akan Anda tawarkan dan jual.

6.    Memilih barang dagangan

Jika Anda membuat usaha warung kelontong ini mirip dengan minimarket maka akan lebih cepat dikenal masyarakat. Kemudian kelengkapan dan kualitas dari barang yang Anda tawarkan juga perlu diperhatikan agar pelanggan betah berbelanja di sana.

7.     Kualitas barang

Ketika Anda memulai usaha warung kelontong, maka cek selengkapnya bagaimana menjaga kualitas barang yang baik. pilih barang-barang yang berkualitas. Harga yang terjangkau, pelayanan yang tepat dan rinciannya bisa menawarkan kualitas barang yang baik.

8.    Buatlah warung kelontong mirip Toserba

Seperti toserba, warung kelontong bisa memenuhi kebutuhan barang dalam jumlah yang cukup besar. Apalagi jika harga barang yang ditawarkannya cukup terjangkau, pasti akan mendapatkan pelanggan setia yang ramai juga.

Toserba patut dicontoh oleh warung kelontong dalam hal barang dagangan yang sangat lengkap.

Jadi, itulah rincian usaha warung kelontong modal 20 juta yang bisa Anda mulai dalam waktu dekat. Sebaiknya Anda tetap menyesuaikan kembali apa saja kebutuhannya agar modal 20 juta bisa digunakan untuk melengkapi stok yang belum ada.

 

Share: