Meski jamannya serba digital tetapi peluang usaha fotocopy dan TIK masih sangat besar. Hal ini karena biaya print out masih tinggi dan orang lebih menggunakan fotocopy untuk menggandakan filenya. Sehingga selama orang masih butuh kertas untuk berbagai keperluan usaha ini masih terbuka lebar

Namun dalam menjalankan usaha ini diperlukan modal yang tidak sedikit dalam memulainya. Persiapan ini bisa dilakukan dan sebisa mungkin nantinya bisa beli mesin fotocopy yang bekas agar lebih murah.

Lalu berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini? Kemudian apa saja tips dalam menjalankan usaha tersebut? Yuk simak ulasan berikut

Perkiraan Modal dan Keuntungan

Perhitungan modal sangat diperlukan agar kamu bisa tahu akan bahan dan peralatan yang perlu dibeli. Proses ini akan lebih menghemat biaya sekaligus mempermudah menghitung berapa keuntungan yang akan didapatkan. 

Perhitungan modal

Untuk lebih jelasnya, berikut tabel perhitungan modal untuk usaha TIk dan fotocopy:

Peralatan dan Bahan

Harga

Mesin fotocopy second

12.000.000

Komputer

3.000.000

Alat potong kertas dan jilid

1.000.000

Mesin printer

800.000

Mesin laminating

1.200.000

Kertas dan tinta

1.500.000

Biaya promosi dan listrik

500.000

Total

20.000.000

Perhitungan Keuntungan

Untuk perhitungan keuntungan pada usaha ini tidak bisa langsung karena harus mengembalikan modal terlebih dahulu. Jika diasumsikan dalam seminggu omsetnya 2,5 juta maka dalam sebulan totalnya 20 juta. 

Dengan asumsi tersebut maka dalam waktu 2 bulan kamu hanya fokus mengembalikan modal. Namun setelah 2 bulan keuntungan yang didapatkan akan besar karena kamu cukup membeli kerta dan tinta serta bayar listriknya saja. 

Tips Usaha TIK dan Fotocopy agar Cepat Balik Modal

Proses balik modal bisa saja lebih cepat dari 2 bulan atau tepat di waktu tersebut. Namun dengan tips ini maka proses balik modal bisa saja lebih cepat. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan agar usahanya bisa menghasilkan keuntungan:

  • Tempat yang Strategis

Dalam menjalankan usaha ini harus disesuaikan dengan tempat yang strategis. Kesalahan dalam memilih tempat bisa saja tidak ada yang memanfaatkan jasa kamu untuk berbagai keperluannya. 

Sebagai langkah awal, kamu bisa memulainya di daerah yang dekat kampus, kantor atau sekolah. Umumnya tempat ini sangat membutuhkan fotocopy dan bisa membuat usaha kamu lebih berkembang. 

Untuk lebih menguntungkan, kamu bisa membuka usaha di sekolah favorit dengan siswa yang tingkat ekonominya tinggi. Di tempat ini usaha ini berpotensi besar dan keuntungan yang kamu peroleh cukup besar. 

  • Persiapkan Modal

Dengan dana 20 juta tentu tidak mudah untuk mendapatkannya sehingga perlu persiapan sejak dini. Untuk mendapatkan dana tersebut, kamu bisa menjual aset apapun hingga uang terkumpul sebanyak itu. 

Namun hindari meminjam uang kepada bank karena usaha ini belum tentu menghasilkan. Sehingga sebisa mungkin gunakan dana yang ada atau menjual aset tertentu saja. 

  • Kualitas Fotocopy

Banyak sekali hasil fotocopy di beberapa tempat mulai buram hingga ada putus-putus. Hal seperti ini perlu dihindari dan ini terjadi dari mesin fotocopy yang kamu gunakan.

Kamu perlu memastikan kualitas fotocopy ini benar-benar bagus dan bersih dari buram atau putus-putus. Dengan kualitas seperti ini akan membuat orang banyak datang ke tempat kamu. 

Jika terdapat masalah pastikan temukan penyebabnya agar kualitasnya tetap terjaga. Kualitas yang seperti ini akan mendatangkan konsumen lain dan menjadi pelanggan tetap. 

  • Pelayanan penuh senyum

Kualitas memang dibutuhkan tetapi pelayanan juga tidak boleh dilupakan. Kualitas yang tepat namun pelayanannya kurang maka bisa membuat usaha kamu tidak menghasilkan apa-apa.

Dalam pelayanannya kamu cukup selalu tersenyum kepada pelanggan yang ada. Dengan seperti ini mereka akan senang dan terus menjadi langganan dalam kurun waktu tertentu. 

Dalam keadaan apapun hindari raut muka cemberut atau terkesan kasar. Pelayanan seperti ini secara tidak langsung merusak usaha yang kamu rintis. Sehingga untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang sangat sulit. 

  • Gencar Berpromosi

Di era digital kamu bisa melakukan promosi dari berbagai arah baik yang gratisan atau berbayar. Untuk berbayar, kamu bisa menyebarkan brosur di berbagai tempat agar mudah dikenal oleh banyak orang.

Dari brosur ini kamu bisa meminta soft file lalu lakukan promosi di media sosial. Proses promosi ini dinilai efektif dan tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun. Kamu cukup terhubung dengan internet baik menggunakan data atau wifi. 

Dalam berpromosi di media sosial, kamu cukup posting group jual beli di daerah terdekat. Proses ini dilakukan karena dalam menarget orang cukup di sekitarnya saja agar lebih tertarget. 

  • Berikan Harga Promo

Saat pertama kali buka jangan menggunakan harga normal pada umumnya. Kamu perlu menggunakan harga promosi untuk menarik pelanggan dari berbagai daerah ke tempat tersebut. 

Bentuk promonya bisa dari harga per lembar atau dalam 10 lembar. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada. Titik temu dari tips ini adalah harga yang diberikan harus lebih murah dari yang ada pada umumnya. 

  • Sediakan Jasa Lain

Ketika usaha ini sudah berjalan, kamu bisa membuka usaha lain yang linier dengan fotocopy. Misalnya jasa pengetikan skripsi, makalah, print out, cetak foto, design dan yang lainnya. 

Proses seperti ini akan mengundang orang untuk datang dan memanfaatkan jasa kamu ini. Semua jasa di atas membutuhkan juga mampu mendatangkan penghasilan khususnya di jasa skripsi ini. 

Apalagi jika kamu ahli dalam mendesain sesuatu tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. Maka dari itu proses pengembangan semacam ini diperlukan agar usaha ini tetap berjalan dan bisa menghasilkan dari berbagai arah. 

Secara keseluruhan, usaha TIK dan fotocopy masih punya peluang besar di era digital ini. Dengan modal 20 juta rupiah, kamu sudah bisa memulai usaha tersebut dan mampu menghasilkan jutaan rupiah ke depannya.

Namun keuntungan ini bisa datang jika kamu menerapkan berbagai tips yang telah ditulis di atas. Berpromosi di media sosial menjadi pilihan utama untuk mengenalkan usaha ini kepada publik. Selanjutnya kamu cukup berikan pelayanan terbaik dan kualitas fotocopy yang sesuai keinginan pelanggan.

Share: