Usaha Es Kristal – Es Kristal atau es batu kecil mulai di gandrungi dan sering dijadikan usaha tambahan bagi pemilik usaha seperti pengisian air minum atau toko sembako. Kenapa usaha ini di gandrungi? Usaha ini bisa disebut usaha investasi. Karena tanpa melakukan banyak usaha, kita akan mendapat profit yang menguntungkan.

Deskribsi Bisnis atau Usaha Es Kristal

Usaha Es Kristal adalah usaha membuat es batu kecil baik itu berbentuk persegi maupun tabung yang tujuannya untuk mempermudah membuat minuman dingin. Es kristal ini banyak fungsinya dan saat ini lebih ekonomis dari es batu jaman dulu yang harus memecahnya sendiri menjadi kecil-kecil.

Sebelum membahas rincian modal dan Analisa usahanya, sebaiknya Kita mengetahui peluang usaha memulai usaha Es Kristal yang akan dibahas pada penjelasan di bawah ini!

Peluang Usaha Es Kristal

Kebutuhan es semakin meningkat berbanding lurus dengan makin banyaknya penjual minuman es. Tentunya usaha yang tidak membutuhkan banyak usaha ini sangatlnya menguntungkan, usaha ini cukup menjanjikan apalagi jika kita punya ruko atau rumah di pinggir jalan.

Langkah dan Tips Memulai Usaha Es Kristal Agar laris

Dalam memulai usaha Es Kristal, tentunya ada beberapa hal penting yang harus Kita perhatikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan disini antara lain adalah mengenai target pasar, strategi promosi, bahan, hingga bagaimana cita rasa Es Kristal tersebut agar tetap digemari pelanggan tapi dengan harga murah.

1.      Lokasi Usaha Es Kristal

Lokasi yang cocok untuk menjual usaha Es Kristal memang di pinggir jalan, apalagi jika punya ruko atau usaha lain kita bisa memanfaatkannya untuk usaha ini juga. Yang sangat diuntungkan juga jika kita punya rumah dipinggir jalan karena kita tanpa perlu repot menyewa ruko kita bisa menjualnya di rumah.

2.    Strategi Promosi yang Efektif

Strategi pemasaran untuk Es Kristal bisa dibilang tidak ada, karena kita cukup membuat banner yang mana bertuliskan jual es kristal dan memampang harga jualnya. Jika nanti kita punya mesin es lebih dari satu kita juga bisa memulai menjual memalui marketplace seperti Tokopedia dan shoope.

3.    Mencari Penjual Air Murah

Bahan dasar es kristal biasanya adalah air gallon yang biasa di pengisian ulang. Harganya memang terlihat murah. Tapi kita harus menghitung juga keuntungan yang kita peroleh nanti. Kita bisa bekerja sama dengan pemilik depo pengisian air minum untuk mendapatkan harga lebih murah pergalonnya.

4. Mencari Mesin pembuat es kristal yang handal

Usaha ini mengandalkan modal yaitu untuk membeli es maker atau mesin pembuat es. anggaranusaha.com sendiri menyarankan membeli merk Iceler, Wiratech atau Hicon untuk usaha ini.
Berikut link rekomendasi mesin pembuat es kristal.

Rincian Modal dan Profit Usaha Es Kristal

Berapa modal usaha Es Kristal? Modal usaha es batu ini sebenarnya bisa kita mulai dengan 1 mesin yaitu sekitar 17 juta kita modal terbesarnya adalah di mesin pembuat es tentunya. Dan usaha ini untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal harus mesin pembuat es atau iceler dengan minimal kapasitas 100 kg per hari yaitu dengan harga 16 jutaan. Berikut Analisa dan perhitungan usaha es kristal.

1.      Rincian Modal Awal atau Biaya Investasi

Berapa biaya bisnis es kristal? minimal untuk memulai bisnis ini adalah 20 juta itupun belum termasuk sewa tempat jika kita membuat bisnis ini tanpa usaha lain yang mendukung seperti warung madura atau pengisian isi ulang galon. Sebelum memulai membuka usaha Es Kristal, ada beberapa peralatan dan biaya bahan baku setiap per bulan yang perlu Kita siapkan. Berikut ini adalah estimasinya:

Peralatan

Nama BarangJumlahHarga
Mesin Iceler HZB-150F1 Unit17.000.000
Galon Kosong8 pcs80.000
Stavol1 Unit250.000
Banner50.000
TOTAL17.380.000

Operasional Setiap Per hari

Nama BarangJumlahHarga
Air Bersih100 literRp 20.000
Listrik untuk 0.6 kwh/24Rp 20,000
Plastik100 PcsRp. 10.000
Lain-lainRp. 10.000
JumlahRp 60.000

2.    Keuntungan/Omset Per Bulan dari usaha Es Kristal

kita juga bisa memperkirakan omset yang kita dapatkan dari usaha Es Kristal yang dijalani nantinya, dari operasional diatas yaitu 6.000 ribu kita bisa membuat 100 kg Es Kristal yang dijual dengan harga 1500 per kgnya. Maka berikut adalah perkiraan omset yang akan Kita dapatkan per hari.

  • Keuntungan Kotor/Hari: Rp. 1500 x 100 kg = Rp. 150.000
  • Keuntungan Bersih/Hari: 150.000– Rp. 6.000 = Rp. 90.000
  • Keuntungan Bersih/Bulan: 90.000 x 30 = Rp 2.700.000

Dengan 1 mesin saja kita akan mendapatkan profit bersih sebesar 2..700.000 per bulan. Dan kita akan balik modal sekitar 5 bulan.

Resiko Usaha Es kristal

Meski usaha ini terlihat sederhana karena berkaitan dengan modal, usaha ini tentunya memiliki banyak resiko sebagai berikut.

  • Usaha ini harus dibarengi dengan usaha lain seperti sembako dan usaha isi air ulang. Kenapa? Karena usaha ini bisa dibilang usaha investasi yang modal kecil, tapi jika memang kita ingin menjadi penyuplai es batu kristal kita harus membutuhkan modal untuk banyak mesin dan sewa tempat
  • Usaha ini mulai banyak pesaing besar, seperti supplier besar yang mampu menjual dengan harga murah.
  • Tempat jual untuk usaha ini juga menentukan ramainya pembeli.
  • sulitnya mencari bahan baku es yaitu air minum kualitas bagus.

Penutup

Sebelum memulai usaha es kristal ini adalah kalanya memang kita harus melihat dulu modal dan resikonya pada artikel ini. agar nantinya kita bisa tahu faktor apa saja yang menghambat usaha es kristal ini.

Share: