Usaha Salon Kecantikan – Perempuan mana yang tak ingin terlihat cantik? Terutama tampil cantik saat acara acara penting seperti wisuda, lamaran, dan lain sebagainya. Bisnis yang berhubungan dengan kecantikan akan selalu ada peminatnya kapanpun dan dimanapun. Salah satu bisnis tentang kecantikan adalah membuka usaha salon kecantikan.

Sekilas Mengenai Usaha Salon Kecantikan?

Membuka salon usaha kecantikan tentu sangat butuh untuk memahami seluk beluk mengenai bisnis kecantikan tersebut. Salon merupakan usaha dalam bidang jasa yang memberikan pelayanan serta fasilitas untuk merawat, mempertahankan, menambah kesegaran dan keindahan tubuh seseorang menggunakan peralatan dan kosmetik.

Sebagai usaha dalam bidang jasa, pastinya anda harus memiliki passion yang kuat dalam bidang kecantikan. Akan lebih baik lagi jika anda adalah seorang terapis atau make up artist yang sudah bersertifikat. Jika belum pun, anda juga butuh mempekerjakan orang orang yang berpengalaman agar konsumen puas. Hal ini dilakukan agar bisnis anda terpercaya dan diterima oleh banyak masyarakat.

Usaha ini memang cocok bagi ibu rumah tangga karena selain bisa sambil mengasah di bidang kecantikan usaha ini akan bisa dijadikan tempat meraup keuntungan. yaitu sembari juga kita bisa menawarkan produk kecantikan lain

Bagaimana Peluang Usaha Salon Kecantikan?

Penampilan cantik dan menarik adalah impian semua orang. Sehingga merawat diri adalah salah satu upaya untuk tampil cantik dan menarik di hadapan orang lain. Salon kecantikan menjadi tempat favorit bagi kaum hawa untuk menjaga dan merawat tampilan fisik mereka. Mulai dari make up tatanan rambut kuku dan masih banyak lagi.

Belum lagi dengan tren kecantikan yang selalu muncul setiap tahunnya. Mulai dari model rambut terbaru, tren make up ala korea, lip filler, botox, dan berbagai treatment kecantikan lainnya yang selalu laris dan ramai diburu oleh para wanita untuk mempercantik diri mereka.

Selama orang masih menginginkan penampilan yang menarik, maka salon kecantikan akan selalu dicari oleh banyak orang. Terutama jika salon anda memiliki spesialisasi khusus dan memiliki pegawai yang berpengalaman dan bersertifikat. Maka dari itu peluang usaha kecantikan ini besar tentunya jika kita mempunya relasi kuat suatu komunitas. Jika sembarangan membuka usaha ini resiko sepi akan besar.

Persiapan Modal awal dan Gambaran Omset Usaha Salon Kecantikan

Berikut ini adalah gambaran apa saja da berapa modal yang dibutuhkan beserta gambaran omset yang akan didapatkan dari membuka salon kecantikan.

Modal Investasi Awal Usaha Salon Kecantikan

  1. 4 Kursi cukur =Rp4.000.000
  2. 2 tempat tidur = Rp. 4.000.000
  3. Kursi dan Meja Tunggu = Rp1.000.000
  4. 4 cermin besar = Rp1.000.000
  5. Tempat cuci rambut = Rp1.000.000
  6. Hair dryer dan catok = Rp2.000.000
  7. 2 set alat perawatan kuku = Rp4.000.000
  8. 2 set alat perawatan wajah = Rp4.000.000

Total   = Rp21.000.000

Biaya Operasional / Bulan

  1. Listrik dan kebersihan = Rp1.000.000
  2. Gaji Karyawan                = Rp2.000.000
  3. Sewa Ruko Perbulan = Rp. 2.000.000

Total  = Rp3.000.000

Biaya Variabel

  1. Bahan kosmetik (facial/creambath/dll)     = Rp1.000.000
  2. Bahan body care perawatan tubuh = Rp.1.000.000

Total     = Rp2.000.000

Total Biaya Operasional       = Rp7.000.000

Pendapatan / Bulan

Jasa make up/hair do : 5 paket x Rp100.000 x 30 hari      = Rp15.000.000

Keuntungan / Bulan

Keuntungan = Rp15.000.000 – Rp7.000.000

= Rp8.000.000

Revenue Cost Ratio (R/C)

R/C = Rp21.000.000 : Rp8.000.000

= 2.5

Lama Balik Modal

Total modal awal keuntungan : Rp21.000.000 : Rp8.000.000

= kurang lebih 3 bulan

Dari gambaran perhitungan di atas, maka modal awal yang harus dikeluarkan berkisar Rp24.000.000. kemudian untuk biaya operasional per bulannya adalah Rp7.000.000. Untuk keuntungan perbulannya, jika sehari ada pesanan 5 paket maka keuntungan yang didapatkan berkisar 8 juta rupiah. Maka, anda akan balik modal dalam watu 3 bulan saja!

Resiko dari Usaha Salon Kecantikan yang Perlu Diperhatikan

Dalam bisnis tentu ada juga resiko yang harus dipahami, diselesaikan, dan perlu diminimalisir agar bisnis berjalan lancar kembali. Resiko yang paling umum adalah

  1. Sepi Pelanggan

Ketika sepi, maka perlu untuk dievaluasi penyebabnya. Apakah karena kurang promosi sehingga banyak yang tidak tahu jasa anda? Atau pelayanan yang anda tawarkan tidak sesuai dengan permintaan pasar? Dengan mengetahui penyebab, anda akan bisa mengambil langkah supaya bisnis anda menjadi ramai kembali.

  1. Pelanggan yang komplain karena tidak puas dengan pelayanan

Di bidang jasa, kepuasan pelanggan adalah hal yang utama. Namun terkadang, ada saja pelanggan yang komplain dan merasa kurang puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Oleh karena itu, anda perlu untuk senantiasa mengevaluasi kinerja dan terbuka kepada seluruh kritik dan saran alias feedback yang diberikan pelanggan. Bisa juga dengan memberikan kompensasi khusus kepada mereka yang kurang berkenan sebagai bentuk tanggung jawab kepada konsumen anda.

  1. Mengalami kerugian

Semua yang namanya bisnis pasti mengalami fase naik dan turun, untung dan rugi. Sehingga menjaga arus kas agar tetap stabil adalah kunci utama jalannya bisnis. Pisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis dan jangan sekali kali memakai keuangan bisnis untuk kebutuhan atau keinginan pribadi.

Dengan mengetahui resiko yang hadir, anda bisa mencari solusi untuk meminimalisir resiko yang ada.

Nah, itulah ulasan singkat untuk anda yang hendak memulai Usaha Salon Kecantikan. Karena bisnis yang bergerak di bidang jasa dan pelayanan. Sehingga kepuasan pelanggan adalah kunci utama kesuksesan bisnis anda. Bisnis anda bisa melesat atau bahkan jatuh karena review pelanggan. Jadi persiapkan bisnis salon kecantikan anda dengan maksimal ya!

Share: