Usaha Angkringan bisa dibilang usaha kuliner atau streed food malam yang mempunyai menu sederhana tapi disukai anak muda karena itu rincian modal usaha angkringan ini dibilang juga sedikit dan menunya juga berupa sate-satean. Usaha ini juga cocok bagi usaha sampingan atau usaha anak muda karena jam bukanya ada di sore dan malam hari.

Rincian Modal dan Tips Usaha Angkringan

Artikel ini akan membahas terkait rincian modal usaha angkringan lengkap dengan estimasi keuntungannya. Kalian juga akan diberi tips mengenai bagaimana cara mengelola usaha ini agar cepat balik modal dan bisa mengendalikan resikonya.

Rincian Modal dan Keuntungan Usaha Angkringan

Menghitung modal yang dibutuhkan dalam usaha angkringan sangat dibutuhkan. Sebab rincian modal ini sebagai langkah awal untuk mengetahui berapa budget yang kita butuhkan untuk membangun usaha ini, sekaligus kita bisa tahu rincian anggaran apa saja yang dibutuhkan. Berikut penjelasan lengkapnya!

1.  Rincian Modal Investasi Usaha Angkringan

Berikut rincian modal awal yang perlu kamu siapkan dalam memulai usaha Angkringan:

PeralatanBiaya
Gerobak Angkringan Kayu 1 Set Tempat duduk2.500.000
Tikar400.000
Terpal400.000
Kompor gas dan selang500.000
Tempat bumbu200.000
Piring dan gelas200.000
Tempat Bakaran200.000
Total4.400.000

Perhitungan di atas hanyalah estimasi dasar sehingga bisa jadi lebih tinggi atau rendah. Gerobak dan tempat bakaran kalian bisa melihatnya di marketplace selain harganya terjangkau dan kualitasnnya pun kalian akan mendapatkan yang bagus.

2. Rincian Modal Operasional dan Bahan Baku Mingguan

BahanBiaya
Arang 10 kg200.000
Telur Puyuh 2 Kg70.000
Usus mentah 2 kg50.000
Kulit Ayam 2 kg50.000
Kikil 2 kg60.000
Sosis Sapi 1 kg110.000
Sosis Ayam 1 kg40.000
Sosis Ikan 1 Kg60.000
Kornet Ayam 1 kg30.000
Bakso Sapi Premium 1 kg80.000
Crab Stick60.000
Bumbu Bakar50.000
Bahan Sambal100.000
Bahan Susu Jahe100.000
Bahan Teh50.000
Tusuk Sate50.000
Beras 15 Kg180.000
3 Galon Air60.000
Total1.400.000

Modal Bahan Baku dan Operasional adalah estimasi untuk 10 menu makanan dan 2 menu untuk minuman dalam seminggu. untuk yang bisa dilihat dari jumlah bahan dari tabel diatas. Data harga yang kami sajikan ini berdasarkan dari daftar harga market place selain murah disana banyak produk berkualitas. Jadi tidak perlu untuk kalian belanja di toko konvesional yang kualitas bahannya belum tentu bagus. Di marketplace kalian bisa melihat hasil review pembeli disana kalian akan lebih mudah mendapatkan bahan yang berkualitas.

3.    Perhitungan Keuntungan Usaha Angkringan

Dari perhitungan modal di tabel atas maka berikut keuntungan yang nantinya bisa kalian dapatkan dalam seminggu sampai modal investasi kalian kembali:

RincianTotal
Pendapatan30 x 12.000 x 7 = 2.520.000
Keuntungan dari Modal Operasional2.520.000 – 1.400.000 = 1.120.000

Perhitungan di atas diasumsikan dalam sehari kamu mampu menjual menu angkringan sebanyak 30 porsi. Dalam satu porsi 12.000 ribu tersebut terdiri dari 3 sate, 1 nasi dan 1 minuman.

Dengan demikian perhitungan ini bisa saja lebih tinggi jika kamu menjual lebih dari 30 porsi setiap harinya. Hanya saja semakin banyak memproduksi menunya maka modalnya pun juga semakin tinggi. Sehingga kamu perlu menyiapkan cukup modal untuk memberi berbagai bahannya. Dari perhitungan standart diatas jika dalam 1 minggu kalian mendapat keuntungan 1.120.000 makan dalam 5 minggu kalian akan balik modal.

Tips Sukses Jualan Usaha Angkringan

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar seperti di atas tentu tidak mudah dan perlu beberapa tips penjualan yang terbaik. Kalian bisa mendapatkan keuntungan besar jika mampu melakukan tips-tips berikut:

1. Lokasi Berjualan yang Strategis Usaha Angkringan

Mencari lokasi berjualan sangat diperlukan karena apalah artinya percuma saja kalian punya menu angkringan lengkap tapi lokasinya tidak sesuai. Ujung-ujung saat jualan tidak akan didatangi pembeli dan akhirnya bukannya untung malah buntung.

Pilihan lokasi yang terbaik adalah yang dekat dengan area kos, kampus dan yang lainnya. Pada intinya tempat tersebut banyak berkumpul orang anak muda dan kantoran.

Jika sudah ditemukan beberapa tempat maka cari tahu kebiasaan orang sekitar apa menu angkringan. Jika masyarakat sekitar suka pada menu yang kita sajikan maka ini sudah cukup tepat.

2. Perhatikan Pesaing Usaha Angkringan

Dalam menjual menu angkringan kalian juga perlu memperhatikan pesaing di sekitar lokasi tersebut. Jika ada pesaing maka kamu perlu menggenjot pemasaran agar angkringan kalian juga disukai banyak orang.

Untuk mempercepat proses penjualan di banyak pesaing ini bisa dilihat dari daftar menu. Misalnya menu sate-satean yang mereka tidak miliki dan harga yang murah bisa menggenjot larisnya usaha kita.

Untuk memberikan harga murah tapi tidak buntung kalian harus bisa mendapatkan bahan dari distributor utama agar harga di menu kalian bisa berkurang.

3. Variasikan Menu

Jika dilihat umumnya angkringan, isiannya hanya itu-itu saja di berbagai daerah. Sehingga pelanggan merasa antara angkringan satu dengan lainnya tidak ada bedanya.

Dalam kondisi seperti ini maka kamu bisa variasikan menu tersebut dan jadilah pembeda dari lainnya. Seperti kalian bisa tambahkan nasi bakar atau nasi jeruk.

4.  Perhatikan Kebersihan dan Beri ciri Khas lapak kalian

Perhatikan kebersihan baik itu di lapak kalian maupun lingkungan sekitar itu juga termasuk dalam pemilihan tempat. Salah satunya lalat, untuk meminimalisir lalat kalian bisa membeli jebakan lalat yang bisa kita pasang botol jebakan tersebut di sekitar lapak kalian, tapi jangan di pasang tepat di lapak kalian karena akan menimbulkan rasa jijik pembeli.

Beri Ciri khas lapak kalian dengan membeli gerobak yang berkualitas, seperti gerobak ala jepang yang viral saat ini.

5. Daftarkan di Layanan pesan antar online

Untuk menggenjot penjualan kita, layanan antar online sering kita abaikan, padahal dengan kita masuk di daftar menu pesan antar online seperti gofood atau grab kita tentunya akan mendapatkan 2x sampai 4x keuntungan. Bisa di lihat juga dari statik pemakaian layanan tersebut setiap tahun penggunannya yang bertambah dan meningkat tajam.

Kalau kita sudah mendaftarkan di layanan tersebut kita pastikan foto menu yang kita tampilkan menarik perhatian. Kita bisa sewa jasa foto produk untuk melakukan hal tesebut. Memang modal kita akan bertambah. Tapi hal itu juga bisa dibilang investasi kita untuk kedepannya.

6. Resiko Usaha Angkringan yang harus kita Ketahui

Resiko terbesar yang harus kita hindari adalah cuaca dan penyimpanan bahan baku. Untuk cuaca kita pastikan kita mempunyai terpal atau tenda untuk menahan hujan, memang perlu modal besar untuk menyiapkan hal itu. Lalu untuk penyimpanan selain kita harus melakukan target untuk penjualan setiap hari kita perlu penyimpanan khusus dan itu juga lumayan mahal untuk usaha angkringan. Maka dari itu kita dalam sehari harus menentukan berapa target penjualan yang kita jual misalnya 40-50 porsi di hari biasa dan 60-70 porsi pada hari libur.

 

 

Share: