Ingin memulai bisnis atau usaha kue sakura? Nah, dalam artikel ini akan membahas peluang, analisa bisnis, hingga tips dan trik menjadi bisnis menguntungkan.

Apakah kamu pecinta kue sakura? Kudapan satu ini memang nikmat dengan tekstur yang empuk, sehingga banyak orang yang menyukainya. Memiliki bentuk yang unik dan rasanya lezat membuat kue sakura terlihat menarik. Tingginya peminat ini membuat peluang usaha kue sakura cukup menjanjikan. Bisnis ini merupakan usaha kue murah yang cukup menjanjikan karena bentuk yang unik cocok untuk hidangan hajatan dan acara sykuran lainnya.

Jika kamu tertarik membuka usaha kue sakura, yuk, simak artikel ini karena kita akan membahas peluang kue sakura, analisa bisnis, resiko, hingga tips dan triknya.

Usaha Kue Sakura Modal Kecil Untung Banyak

Kue sakura merupakan usaha yang menghadirkan keunikan serta keindahan budaya Jepang melalui kue-kue yang terinspirasi oleh bunga sakura. Bukan hanya unik, rasa dan teksturnya yang empuk membuat konsumen tidak bosan untuk terus memakannya.

Kue sakura dibuat dengan campuran gula merah sehingga warnanya terlihat cukup gelap namun tetap membuat sajian kue ini begitu menarik perhatian banyak orang. Bentuknya yang terlihat unik dengan cita rasa yang mantap mampu menjadi daya tarik berbagai kalangan.

bisnis kue sakura
bisnis kue sakura

Peluang Usaha Kue Sakura

Peluang usaha kue sakura sangat menguntungkan mengingat minat yang tinggi terhadap budaya Jepang. Banyak yang tertarik mencoba makanan dan minuman terinspirasi oleh Jepang, dan kue Sakura adalah contoh nyata sebuah produk yang unik dan menarik perhatian.

Selain itu, kehadiran media sosial dan tren makanan yang sedang berlangsung menjadi dorongan bagi popularitas usaha ini. Seperti halnya, foto-foto kue sakura yang menarik bisa dengan mudah tersebar dan menjadi viral di media sosial, sehingga memperluas jangkauan dan meningkatkan minat konsumen.

Memulai bisnis kue sakura tidak lah besar, dibutuhkan sekitar kurang dari 4 juta modal untuk memulai usaha ini sebagai berikut rinciannya:

 

Nama BahanHarga
Tepung teriguRp. 30.000
Telur ayamRp. 10.000
Gula pasirRp. 16.000
Margarin cairRp. 8.500
Baking powderRp. 9.500
Lain-lainRp. 20.000
TotalRp. 94.000

 

Total biaya bahan baku selama satu bulan adalah Rp. 94.000 x 30 hari = Rp. 2.820.000

Untuk pembelian peralatan, sebagai berikut:

 

Nama AlatHarga
WadahRp. 89.500
Kompor dan lpgRp. 250.000
GerobakRp. 1.400.000
PanciRp. 88.000
Mesin pengukusRp. 128.000
LoyangRp. 92.000
Piring dan sendokRp. 210.000
SerbetRp. 24.000
Lain-lainRp. 100.000
TotalRp. 2.357.500

Total Modal yang dibutuhkan :

Biaya bahan baku       : Rp. 2.820.000

Biaya peralatan           : Rp. 2.357.500

Total                           : Rp. 5.177.500

 

Omset Usaha Kue Sakura

Jika perkiraan satu bulan menghasilkan 3000 kue sakura. Maka, berikut ini analisanya :

 

Total biaya bahan baku dan peralatan           = Rp. 5.177.500

Pendapatan per bulan:

Rp. 3.000 x 3000 per bulan                            = Rp. 9.000.000

 

Keuntungan :

Laba = Total pendapatan – total bahan baku dan peralatan

Rp. 9.000.000 – 5.177.500                  = Rp. 3.822.500

Resiko Usaha Kue Sakura

Seperti bisnis lainnya, usaha kue sakura juga memiliki beberapa resiko yang perlu kamu tahu. Salah satunya adalah persaingan ketat dengan bisnis makanan lainnya. Untuk mengatasi resiko tersebut, kamu perlu menciptakan keunikan yang membedakan kue sakura dari produk serupa lainnya.

 

Bukan hanya itu, usaha kue sakura juga membutuhkan pemahaman mendalam mengenai teknik pembuatan kue. Kurangnya kemampuan dalam membuat kue sakura bisa menyebabkan produk kurang memuaskan.

Tips dan Trik

Untuk sukses dalam usaha kue sakura, berikut ini beberapa tips dan trik yang perlu kamu perhatikan:

1.    Riset yang Mendalam

Lakukan riset pasar dan identifikasi segmen target yang tepat untuk membuka usaha kue sakura. Cari tahu apa yang mereka inginkan, tren terbaru, dan preferensi rasa yang diminati.

2.    Kualitas Bahan Baku

Tetap pastikan kamu menggunakan bahan baku berkualitas tinggi untuk membuat kue sakura yang enak. Bahan berkualitas dan segar akan memberikan rasa autentik dan memuaskan para pelanggan.

3.    Inovasi Rasa dan Tampilan

Selalu berusaha menghadirkan rasa dan tampilan yang unik dalam usaha kue sakura kamu. Coba dengan kombinasi rasa yang menarik dan kreatif, serta kemasan yang menawan untuk menarik minat pelanggan.

Penutup

Usaha kue sakura merupakan peluang bisnis menguntungkan dengan tingginya minat pelanggan. Dengan berinovasi membuat kue enak dan menarik, kamu bisa memberikan pengalaman kuliner yang unik kepada para pelanggan.

Pastikan kamu melakukan riset mendalam, perhatikan kualitas bahan baku, serta berinovasi membuat varian dan rasa. Dengan demikian, usaha kue sakura bisa terus berkembang.

Share: