Bisnis atau Usaha Stik Coklat salah satu kue kering yang sedang viral bisa kita jadikan sebagai usaha atau peluang bisnis menarik yang bisa Anda lakukan dari rumah, salah satunya adalah usaha kuliner. Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, hal ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis. Salah satu yang bisa Anda coba adalah usaha kue kering stik coklat.

Seperti apakah peluang usaha kue kering stik coklat ini dan apa saja modal yang Anda butuhkan untuk memulainya? Berikut rinciannya!

Peluang Usaha Stik Coklat

Menilik pasar bisnis kuliner yang tak pernah surut, kue kering stik coklat ini bisa menjadi pilihan Anda karena memiliki peluang yang cukup baik. Bisnis kue ini juga bisa Anda jual langsung di toko kue atau pun dengan menggunakan sistem online.

Pasalnya, stik coklat ini merupakan jenis kue kering yang bisa tahan cukup  lama untuk dikirim berhari-hari ke luar wilayah Anda. Kue kering semacam ini juga memiliki daya tahan cukup lama sehingga minim resiko kerugian apabila tak terjual dalam satu hari yang sama.

Di waktu-waktu tertentu seperti momentum hari raya, membuka usaha kue kering stik coklat juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Banyaknya orang yang membutuhkan camilan kue semacam ini menjelang hari raya membuat kue kering stik coklat Anda memiliki peluang lebih banyak dipesan.

Rincian Modal Usaha Stik Coklat

Usaha atau bisnis Stik Coklat bisa kita mulai dengan modal minim yaitu cukup 1 juta saja karena memang usaha ini bisa kita lakukan di rumah tinggal nanti kita jual dengan menitipkan di warung atau di sekolah. berikut rincian anggaran usaha Stik Coklat:

Investasi

Mixer: Rp.300.000

Oven: Rp.4 00.000

Loyang: Rp.50.000

Rolling pin: Rp.50.000

Total biaya  investasi :  Rp.800.000

BIaya Variabel

1 kilogram tepung terigu: Rp.12.000

1 kilogram dark chocolate: Rp.65.000

¼ kilogram telur: Rp.9.000

2 kilogram tepung maizena: Rp.25.000

1 ½ kilogram gula tepung: Rp.25.000

1 kilogram mentega: Rp.15.000

2 bungkus susu bubuk: Rp.10.000

Toples  ukuran sedang: Rp.5000

Gas ukuran 3 kilogram: Rp.20.000

Total biaya variabel: Rp.161.000

Asumsi

Biaya investasi berlaku untuk 4-5 tahun

Biaya variabel bisa digunakan untuk 4 porsi kue

Penjualan menggunakan sistem online tanpa membuka toko sendiri

Prediksi Omset yang Didapatkan

berikut keuntungan Usaha Stik Coklat

1 toples kue kering stik coklat ukuran 250 gram: Rp.60.000

Rp.60.000 X 4 toples = Rp.240.000

(harga jual – biaya variabel) = (keuntungan)

Rp.240.000 – Rp.161.000 = Rp.79.000

Resiko Usaha Stik Coklat

Setiap usaha atau bisnis memang selalu memiliki resiko tersendiri, termasuk usaha kue kering stik coklat ini. Beberapa resiko yang perlu Anda perhatikan diantaranya seperti harga bahan baku yang fluktuatif dan bisa cenderung naik pada waktu-waktu tertentu.

Meski begitu, resiko semacam ini sebenarnya tak perlu Anda khawatirkan karena cenderung merupakan resiko yang minim.

Resep Kue Stik Coklat

Kue kering stik coklat merupakan camilan ringan dengan cita rasa manis berpadu rasa pahit coklat yang disukai oleh banyak orang. Hal ini membuat usaha kue kering stik coklat menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa Anda coba.

Selain proses penjualannya yang fleksibel, cara pembuatan kue ini juga cukup mudah dan cukup menggunakan bahan-bahan sederhana. Berikut bahan-bahan yang Anda perlukan:

250 gram tepung terigu

250 gram dark chocolate

1 butir telur, ambil bagian kuningnya saja

50 gram tepung maizena

75 gram gula tepung

200 gram mentega

2 sendok makan susu bubuk

Cara pembuatan kue ini pun cukup mudah. Pertama-tama. Campurkan gula tepung, kuning telur, dan maizena hingga tercampur rata. Kemudian tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur.

Setelah adonan menjadi padat, gilas menggunakan rolling pin dan potong dengan bentuk memanjang. Potong dark chocolate dan letakkan di atas adonan. Setelah itu, taruh adonan di atas loyang dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 25 menit. Setelah matang, kemas stik coklat dalam toples atau plastik. Kue kering stik coklat pun siap untuk dijual.

Nah itu tadi penjelasan mengenai peluang usaha kue kering stik coklat beserta analisis usaha hingga prediksi omset dan resikonya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba berjuala kue kering stik coklat ini?

Share: