Proposal Usaha Seblak sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun usaha jajanan seblak. Meski pada dasarnya tanpa proposal Anda tetap dapat mendirikan usaha ini, namun dengan adanya proposal Anda dapat memperoleh suntikan dana.

Memangnya, apa saja yang perlu ada pada sebuah proposal? Berikut adalah sederet bagian-bagian yang harus Anda cantumkan dalam sebuah proposal.

Informasi yang Harus Ada dalam Proposal Usaha Seblak

Nama Usaha

Apapun usaha yang akan Anda jalankan, selalu pastikan Anda juga sudah memberinya nama. Karena hal tersebut bisa menjadi pembeda dengan usaha yang serupa. Misalnya Anda menjalankan usaha seblak, maka Anda perlu beri nama usaha tersebut seperti Seblak Huhah, Seblak Mantap dan sebagainya.

Selalu pastikan bahwa nama usaha Anda belum pernah dipakai sebelumnya atau oleh pelaku usaha lainnya.

Latar Belakang Pembuatan Usaha

Ketika Anda menawarkan sebuah usaha pada seorang investor, Anda harus bisa menceritakan latar belakang usaha Anda berdiri. Latar belakang atau motif Anda mendirikan usaha tersebut tentu akan berbeda dengan pelaku usaha lainnya.

Mengapa ini penting? Motif pendirian usaha bisa menjadi pertimbangan investor untuk berinvestasi dan menentukan seberapa banyak uang yang perlu digelontorkan. Motif tersebut juga dapat menentukan sebesar apa potensi usaha yang sedang atau akan Anda jalani tersebut.

Deskripsi Produk

Dalam sebuah proposal usaha seblak, Anda perlu memberikan deskripsi produk Anda secara terperinci, lengkap dan juga jelas. Anda bisa mulai dari bahan baku, prosedur pembuatan dan alat yang akan Anda gunakan.

Selain itu, jangan lupa untuk menjelaskan perbedaan dan sisi unik produk Anda dari competitor. Hal ini perlu untuk menjadi bahan pertimbangan dan pemikiran akan seberapa jauh usaha Anda berkembang.

Strategi Marketing

Seperti yang Anda ketahui, marketing adalah ujung tombak dalam sebuah usaha. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana caranya Anda mempromosikan usaha dan produk Anda. Terlebih masing-masing target pasar memiliki strategi marketingnya sendiri-sendiri.

Nah, untuk membuat produk dan proposal Anda lebih menarik, Anda bisa pilih strategi marketing yang kreatif. Setelah itu Anda bisa jelaskan langkah-langkah marketing Anda dalam proposal tersebut untuk menarik investor.

Sebagai contoh konsep marketing untuk Proposal Usaha Seblak adalah dengan kita memberikan gambaran yang akan kita lakukan, seperti menjual melalui jasa layanan antar, memberikan menu yang beragam dan lainnya

Peluang pada Bisnis Anda

Masing-masing bisnis tentu memiliki peluangnya masing-masing. Namun, tidak semua peluang bisnis menarik untuk para investor. Maka dari itu, penting sekali untuk memikirkan peluang bisnis Anda untuk menarik minat investor dalam berinvestasi dalam usaha Anda.

Jika peluang Anda terasa menarik, jelaskan itu secara jelas dan lengkap. Selain itu, Anda bisa jabarkan seberapa besar potensi keuntungan yang akan Anda hasilkan dari usaha seblak Anda tersebut.

Analisis SWOT Bisnis

SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities dan Threats yang menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan seberapa beresikonya usaha Anda. Ya, sesuai namanya analisis SWOT bisa menjadi pertimbangan para investor untuk melihat seberapa menguntungkannya usaha Anda.

Dan karena usaha seblak memiliki banyak pesaing, tentu saja SWOT diperlukan oleh para investor untuk melihat potensi usaha Anda, apakah akan melemah atau semakin kuat ke depannya.

Tidak ada bisnis yang tidak memerlukan modal atau dengan kata lain, modal adalah salah satu kunci penting jika Anda ingin memulai usaha. Maka dari itu, menjabarkan kebutuhan modal yang diperlukan untuk membangun usaha Anda itu sangat penting.

Jabarkan penggunaan modal tersebut, seperti pembelian bahan baku, alat, pembayaran tenaga kerja dan lainnya. Dengan mengetahui ini, investor dapat menentukan seberapa besar uang yang akan mereka gelontorkan untuk Anda.

Contoh Proposal Usaha Seblak

Nah, setelah mengetahui informasi apa saja yang perlu Anda cantumkan dalam proposal usaha seblak, terdapat contoh proposal yang bisa membantu Anda memahami penjelasan kami di atas.

Berikut adalah contoh proposal usaha seblak yang bisa Anda tiru dan jadikan inspirasi.

https://drive.google.com/file/d/1nyv5UITp-EQ_s1ANXjc9XwAU9GJoAB1P/view?usp=sharing

Demikianlah artikel kami mengenai proposal usaha seblak yang baik dan dapat Anda tiru untuk menarik minat investor. Sekian artikel kami tentang proposal usaha, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Share: