Sebelum kita membuka bisnis memulai bisnis atau usaha toko emas, sebaiknya kita perlu tahu dulu resiko besar dari usaha ini. Meskipun usaha ini banyak yang dinikmati pemodal besar tapi usaha ini juga punya resiko besar juga.

Berikut 6 Resiko memulai usaha toko emas

1. Pencurian dan Perampokan

Pencurian dan perampokan menjadi masalah toko emas baik di Indonesia atau pun luar negeri. Resiko ini juga ditunjang dari lingkungan usaha kita sendiri. Untuk itu pekerja wajib dengan cermat menilai customer yang ingin mencoba perhiasan. Selain itu juga sistem security seperti cctv dan alarm wajib bagi usaha toko emas.

2. Kelayakan Toko

Kelayakan toko dan wilayah juga patut kita pertimbangkan. dari kelayakan toko seperti kelistrikan dan struktur bangunan, karena yang barang yang kita perjual belikan bernilai tinggi setidaknya kita wajib untuk menginvestasikan bangunan yang sesuai dan aman pastinya.

Sedangkan untuk wilayah toko kita, pastikan tempat kita bukan tempat langganan banjir dan wilayah preman. dimana wilayah banjir sendiri ciri-cirinya adalah wilayahnya lebih rendah dari laut dan dekat sungai. sedangkan untuk wilayah yang dijauhi adalah tempat preman cirinya adalah wilayah tersebut dekat dengan wilayah industri.

3. Peretasan

Jika kita juga membuka toko online kita wajib mempunya security yang mumpuni, dizaman sekarang dengan orang dapat dengan mudah meretas system kita, oleh karena itu kita wajib berhati-hati dengan cara mengistal antivirus dan mematikan sharing komputer khusus penjualan online. yang kedua jika kita berjualan dengan marketplace kita wajib mematikan fitur COD karena bagi saya sendir yang berjualan online fitur tersebut berbahaya bagi penjual maupun konsumen.

4. Persaingan yang ketat.

Bagi kita kadang kalah sering melihat penjual toko emas di pasar berjejer dan dapat di simpulkan persaingan semakin ketat, untuk itu jika kita bejualan ditempat dengan pesaingan tinggi mau tidak mau kita harus merogok kocek lebih banyak. Yang kita harus lakukan adalah seperti mempercantik tampilan toko dan memberi pelayanan dengan kualitas lebih baik dari segi harga dan pelayanan extra.

5. Perputaran modal lama

Dengan membuka toko emas berarti kita menginvestasikan banyak di segi produk yang dimana produk tersebut belum tentu dalam 3-4 bulan bisa terjual. Apalagi semakin lama meski produk emas dibilang tidak rusak tapi model dan desain tersebut akan terkikis oleh hal baru.

Kesimpulan

Bisnis atau usaha toko emas sendiri memang jadi peluang bagus dalam banyak keuntungan tapi jika kita minim pengetahuan atau kita tidak punya pembimbing dalam usaha ini, sebaikanya kita harus benar-benar lagi mempertimbangkan sebelum memulai usaha toko emas. Selain modal yang dibutuhkan juga tinggi, resiko dagangan atau produk dari perhiasan ini tidak terjual laku juga tinggi.

 

Share: