Tips Membuka Toko di Shopee – Menjual barang secara online merupakan bisnis yang semakin diminati oleh banyak orang. Contohnya saja Shopee yang memiliki ribuan toko yang menjual berbagai barang. Tentunya, untuk membuat bisnis Anda banyak diketahui orang, Anda perlu mengetahui tips membuka toko di Shopee.

Persaingan harga yang ada di Shopee membuat kamu bisa kelelahan jika tidak mengetahui tips and trick yang bikin banyak toko jadi laris manis. Terus, gimana sih caranya biar toko yang kamu kelola di Shopee bisa dikunjungi banyak orang?

Nah, sebelum kami beri tahu tips supaya tokomu bisa laris manis, kami akan informasikan terlebih dahulu bagaimana caranya membuat toko di Shopee. Yuk, kita simak!

Cara Bikin Toko Shopee di Android / iPhone

  1. Download aplikasi Shopee di Google Play Store atau App store menggunakan handphone.
  2. Klik “daftar”, lalu masukkan nomor telepon atau daftar menggunakan akun Facebook, Google, atau Apple. Setelah itu klik “berikutnya”.
  3. Lakukan verifikasi puzzle.
  4. Masukkan kode verifikasi OTP yang dikirimkan ke nomor telepon (kode OTP dikirimkan jika Anda melakukan pendaftaran melalui telepon, apabila Anda mendaftar melalui akun Google, silakan cek email untuk melakukan verifikasi).
  5. Atur kata sandi jika Anda daftar menggunakan nomor hp, lalu klik “daftar”.
  6. Jika Anda sudah masuk ke halaman Shopee, klik tab “saya” yang berada di pojok kanan bawah aplikasi.
  7. Klik “mulai jual” dan edit nama toko, atur alamat pengiriman jasa, dan unggah produk yang akan dijual.
  8. Toko Shopee Anda sudah selesai dibuat!

Cara Bikin Toko Shopee di Website

  1. Daftar akun Shopee yang akan Anda buat melalui https://shopee.co.id/.
  2. Masukkan nomor telepon atau daftar menggunakan akun Facebook, Google, atau Apple.
  3. Lakukan verifikasi puzzle.
  4. Masukkan kode verifikasi OTP yang dikirimkan ke nomor telepon (kode OTP dikirimkan jika Anda melakukan pendaftaran melalui telepon, apabila Anda mendaftar melalui akun Google, silakan cek email untuk melakukan verifikasi).
  5. Atur kata sandi jika Anda daftar menggunakan nomor hp, lalu klik “daftar”.
  6. Jika Anda sudah masuk ke halaman Shopee, klik “Seller Centre” yang berada di pojok atas kiri website.
  7. Klik “mulai pendaftaran” dan Anda bisa mengedit nama toko, mengatur alamat pengiriman jasa, dan mengunggah produk yang akan dijual.
  8. Toko Shopee Anda sudah selesai dibuat!

Tips Membuka Toko di Shopee

Nah, sekarang Anda sudah punya toko di Shopee. Tapi, bagaimana caranya supaya toko Anda bisa diketahui banyak orang dan produk Anda bisa laris? Yuk, simak tips berikut ini!

1.     Tampilkan Foto Produk yang Menarik

Foto produk merupakan kunci dari keberhasilan penjualan, jika foto produk yang Anda tampilkan menarik perhatian dan berkualitas, meskipun toko Anda baru terbentuk, tetapi pembeli sudah memiliki kepercayaan tinggi kepada produk jualan Anda.

2.     Berikan Deskripsi yang Menarik dan Informatif

Setelah melihat foto produk, biasanya pelanggan akan mulai mencari tahu produk lebih lanjut melalui deskripsi yang disediakan.

Supaya deskripsi Anda berbeda dengan toko yang lain, Anda bisa menggunakan kata-kata yang menarik para pelanggan namun tetap bersifat informatif dan meyakinkan.

3.     Ikut Flash Sale

Fitur flash sale merupakan fitur yang disediakan Shopee bagi penjual yang ingin memilih dan membuat sendiri promosi flash sale yang bisa ditampilkan di halaman tokonya.

Dengan adanya flash sale, produk bisa terjual dengan cepat karena pembeli senang membeli harga produk yang lebih murah.

Sistem flash sale di Shopee tersedia dari pukul 00.00 – 12.00 WIB, 12.00 – 18.00 WIB, 18.00 – 21.00 WIB dengan batasan waktu yang bisa ditentukan oleh penjual.

Tips dari kami supaya fitur flash sale ini bisa maksimal, Anda bisa memilih di jam 12.00 – 13.00 pada saat jam istirahat dan jam 19.00 – 20.00 pada saat jam pulang kantor.

Selain di jam-jam tertentu, Anda juga bisa mengikuti flash sale pada event-event besar, seperti 9.9 Super Shopping Day atau event besar lainnya.

4.     Jual Produk Secara Bundling

Tips membuka toko di Shopee selanjutnya adalah dengan menjual produk secara bundling atau menjual 1 set produk yang sesuai dengan kategori paket Anda.

Anda juga bisa memberikan harga diskon pada 1 set produk tersebut agar semakin banyak yang tertarik dengan produk Anda.

Produk bundling biasanya diincar oleh banyak pembeli karena harga yang lebih murah dibandingkan membeli satuan.

5.     Berikan Diskon Pada Produk

Harga diskon memang harga yang paling sering diincar banyak orang. Anda bisa mengatur diskon untuk produk milik Anda di Shopee.

Tapi, Anda juga perlu perhitungkan keuntungan yang didapat, jangan sampai diskon yang Anda berikan membuat kerugian.

6.     Aktifkan Sistem COD (Cash On Delivery)

Meskipun pembayaran online terlihat lebih cepat dan mudah, namun bagi sebagian orang pembayaran menggunakan COD lebih disenangi.

Dengan COD, mereka bisa membayar barang ketika sudah sampai di tujuan rumah mereka. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur COD.

7.     Lakukan Promosi di Twitter atau Instagram

Tips membuka toko di Shopee yang terakhir adalah Anda bisa menggunakan kedua platform ini untuk melakukan promosi.

Anda bisa mempromosikan produk kepada teman-teman melalui sosial media Instagram atau ikut mempromosikan produk jualan Anda di lapak jualan pada Twitter.

Supaya bisa laris, Anda bisa mengikuti beberapa akun Twitter dengan pengikut yang banyak dan ikut mempromosikan jualan Anda di lapak yang sudah mereka sediakan.

Nah, itu dia tips membuka toko di Shopee yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berhasil meningkatkan penjualan produk pada toko Shopeemu!

 

Share: